oleh

ABDULLAH KEMBANGKAN WISATA RAWA BLADO KULON

Probolinggo Oposisi, – (01/12/18) Desa Blado Kulon kecamatan Tegalsiwalan sukses meraih juara ke -3 lomba inovasi desa se-kabupaten Prbolinggo tahun 2018.

Kepala desa Blado Kulon Abdullah, menyampaikan harapannya tentang kelanjutan program kerjanya untuk memajukan desanya dengan mengembangkan rawa Blado Kulon yang nantinya akan dijadikan icon desanya.

Setelah sukses sebagai juara ke – 3 lomba inovasi desa, Abdullah terus mengusahakan pengembangan area rawa blado kulon.

Usulan penataan rawa tersebut sudah di usulkan ke pemerintah kabupaten Probolinggo, baik melalui badan usaha milik desa (bumdes) maupun melalui musrembangdes.

Awal cerita bahwa rawa tersebut masih bersumber pada mata air yang kecil. Namun demikian mampu mengairi 3 desa sekitarnya, Blado Wetan, Tegalmojo dan Banyuanyar lor di kecamatan lainnya. Luasnya satu hektar lebih.

Ide mengembangkan mata air rawa tersebut di sampaikan pada pihak desa tetangga tersebut. Yang akhirnya turut serta mendukung untuk memperbesar aliran mata air di rawa tersebut. Dan rawa tersebut mulai terlihat lebih bening lagi.

Di sekitar mata air tersebut di beri batas menggunakan batu kali lebih alami dan tradisional.

Ketentuan berbadan hukum dan usaha telah di persiapkan melalui program badan usaha milik desa atau bumdes. Dan rencana area parkir, area pedagang kaki lima serta aliran listrik juga telah di tersedia.

Di jelaskan juga bahwa desa Blado Kulon pernah meraih juara 1 air bersih air minum tingkat kabupaten Probolinggo serta juara 1 lomba pada 2 tahun yang lalu. Stocking atau tebaran ikan air tawar pada tahun ini sudah mencapai 1 kwintal. (agg)

24Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed