oleh

AJUKAN MAKADAM 3 KM KE APBN MELALUI DINAS PERTANIAN

Probolinggo Oposisi, _ (12/02/19) Untuk menunjang pengembangan lahan pertanian, warga desa Matekan kecamatan Besuk kabupaten Probolinggo mengusulkan program jalan makadam baru ke APBN melalui dinas pertanian pemkab probolinggo.

Luasnya lahan pertanian yang berbatasan dengan desa tetangga, menjadi pemikiran para petani setempat. Harapannya dengan di adanya jalan makadam tersebut traktor bisa masuk ke lahan pertanian yang terpencil.

Sebagai langkah awal adalah tahap pembuatan jalan makadam yang akan berlanjut pada tahun berikutnya mengusulkan rabat beton dan akhirnya jalan tersebut akan di aspal hotmix.

Sebelumnya, desa matekan mendapatkan dampak positif dari di bangunnya dengan rabat beton jalan desa tetangga yang melalui desa matekan di tahun 2017 kemarin. Suatu keuntungan yang besar karna sebelumnya jalan antar desa tersebut dalam keadaan rusak berat.

Jalan rabat beton tersebut sepanjang 1 km dan di danai dari anggaran jasmas seorang anggota dewan di sekitar desa tersebut. Jalan tersebut menghabiskan dana sebesar 1,5 miliar.

Pj kades matekan, samsul, memaparkan bahwa musrenbangdes sangatlah penting sebagai bentuk pelayanan dan kenyamanan pada masyarakat desa.

Apa yg belum ada bisa di ajukan dalam musrenbang ini. Apa yg kurang baik fisik maupun yg lainnya silahkan di usulkan untuk pembangunan di tahun 2020.

Camat Besuk, Teguh Prihantoro, AP menyampaikan bahwa pembangunan desa dari dana desa merupakan usulan aspirasi masyarakat sebagai dasar hukum sebagai syarat yang diinginkan Badan Pemeriksa Keuangan. Ada berita acara dan ada bukti musyawarah usulan rencana pembangunan desa.

Ada 3 bidang yang akan di musyawarahkan, sarpras dan bidang ekonomi produktif serta budaya pemeritahan

Sedangkan jasmas itu usulan masyarakat melalui anggota dewan namun usulan tersebut harus masuk dalam musrenbangdes. (agg)

1Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed