oleh

ARB Reaksi Keras Atas Kelompok Yang Menolak Festival Gandrung Sewu Pantai Boom

-Budaya-244 views

Banyuwangi Oposisi.co.id.

Rumor beredar ada oknum sekelompok masyarakat mengeluarkan pernyataan penolakan dengan adanya kegiatan Gandrung Sewu di Pantai Boom Banyuwangi. Gara – gara itu Aliansi Rakyat Banyuwangi (ARB) reaksi keras dan angkat bicara mengecam pernyataan yang dianggapnya akan mengganggu keberadaan budaya asli Banyuwangi itu.

Aktivis senior Banyuwangi Eko Sukartono Ketua Aliansi Rakyat Banyuwangi (ARB) ketika dikonfimasi mengatakan.

” Ya mas saya atas nama ARB, seni Gandrung adalah salah satu kesenian tradisionil yang harus kita lestarikan. Jadi jangan ganggu kesenian apapun milik masyarakat Banyuwangi, Gandrung sewu harus dilaksanakan di Pantai Boom jangan diganggu. Oleh sebab itu sekali lagi jangan ganggu pelaksanaan Gandrung Sewu. Jelas kami akan mengamankan, dan kami berharap pada panitia jangan mundur jangan dipindah. Tetap laksanakan di Pantai Boom sesuai dengan rencana. Kami siap mengawal, ” kata tokoh yang akrab dengan panggilan nama Mbah Eko itu Senin 15/10/2018.

Ketika dimintai tanggapannya sehubungan penolakan kegiatan Gandrung Sewu dikaitkan dengan kejadian bencana alam. Eko Sukartono menanggapinya dengan santai.

“Jelas ini keputusan sepihak yang menolak takdir Allah Swt. Bencana alam itu bisa terjadi karena hukum alam bisa juga karena adzab Allah Swt. Dan itu terjadi di seluruh bumi di dunia ini, termasuk di Banyuwangi sejak sebelum Gandrung atau kesenian yang lain ada, hukum alam dan adzab Allah itu sudah sering terjadi. Jadi tidak nalar kalau penolakan Gandrung Sewu dikaitkan dengan bencana alam yang terjadi. Pertanyaannya sekarang mampukah atau menjaminkah mereka itu bahwa hukum alam dan adzab Allah Swt tidak akan terjadi di Banyuwangi dengan aksi penolakan untuk tidak dilaksanakannya festival Gandrung Sewu di Pantai Boom ” jelasnya sambil lempar pertanyaan tanpa jawaban.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, M.Y. Bramuda, saat di konfirmasi oleh salah satu media, menuturkan bahwa tidak ada pemindahan lokasi Festival Gandrung sewu

“Sampai Detik ini masih belum ada rapat tentang pemindahan lokasi gandrung sewu, jadi gandrung sewu tetap dilaksanakan sesuai dengan agenda yang sudah ada, karena undangan pun sudah tersebar, jika ada rencana pemindahan maka akan kami viralkan terlebih dahulu.” Ungkap Bramuda.

Pantauan media ternyata reaksi terhadap pernyataan kelompok tertentu atas penolakan diadakan kegiatan Gandrung Sewu di Pantai Boom. Tidak hanya datang dari Aliansi Rakyat Banyuwangi (ARB) saja. Di medsos (Akun facebook) ramai bermunculan reaksi tidak mendukung dengan pernyataan sekelompok masyarakat yang menolak kegiatan Gadrung Sewu. (rdy35).

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed