oleh

Atraksi Silat Kampung Lamahala Mencuri Perhatian Di Festival Lamaholot

-Budaya-21 views

Beritaoposisi.co.id , Flores Timur – Pencak silat Kampung asal Desa Lamahala menjadi salah satu pencuri perhatian dalam Festival Budaya Lamaholot yang yang dihelat di Desa Kiwang Ona, Kecamatan Adonara Timur, Sabtu, 14/9/2019.

Tidak hanya memukau, Perguruan silat kampung (Kontao) yang digurui oleh Taslim Haji Ahmad ini membuat   pengunjung Festival tertegun dengan penampilan yang atraktif.

Silat Kontao merupakan aliran silat yang diwariskan oleh Leluhur Suku Atapukan Desa Lamahala yang kemudian berkembang ke beberapa kampung di daerah pesisir bahkan ke beberapa kampung di pedalaman Adonara.

Haji Abdul Rahman, Koordinator kontao mengatakan atraksi silat kontao ini bukan hanya memperlihatkan keindahan gerak pada festival , melainkan menjadi suatu upaya untuk mempertahankan nilai -nilai kearifan lokal yang diwariskan oleh leluhur.

“Sesuai tradisi kita yang disebut “Dela Telo”, yang dilaksanakan oleh Suku Atapukan, Silat ini biasanya dimainkan dihalaman Masjid seusai sembayang lebaran di sebagai ajang untuk bersilaturahmi”, sebut Haji Abdul Rahman.

Ia ( Taslim Haji. ) mengatakan, silat Kontao tidak hanya dipelajari sebatas bela diri semata namun ada filosofi hidup yang harus didalami dari silat tersebut.

Perkembangan silat Kontao akhir-akhir ini mulai digemari oleh generasi muda namun masih banyak kekurangan yang harus dilengkapi.

“Kita masi  punya  kekurangan seragam, gong untuk mengiringi silat juga kita pinjam. Kita berharap Pemerintah Flores Timur dapat mendukung pengembangan silat ini karena silat ini merupakan warisan leluhur yang harus dijaga dan  dikembangkan”, Harap Haji Abdul Rahman. (Atten)

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed