oleh

BABINSA ADU IDE, GAGASAN DAN KEMAMPUAN MENARIK MINAT BACA WARGA

Malang Oposisi, – Santai dan penuh keceriaan. Itulah kesan yang ada ketika para Bintara Pembina Desa menjadi operator SIMOKOS. Kendaraan mungil yang difungsikan sebagai perpustakaan keliling.

Ini memang sengaja dijadikan sebagai salah satu materi lomba dari rangkaian kegiatan menjelang HUT ke 55 KOREM 083/BDJ tanggal 25 November. Kemampuan mengawaki kendaraan sekaligus menyampaikan berbagai ilmu pengetahuan menjadi penilaian juri terhadap para peserta yang berasal tiap kodim dijajaran Korem 083, Malang 1 Nopember 2018.

Pemaparan lomba simoskos

“Sebagai pengawak motor anda harus bisa menarik minat warga maupun adik adik sekolah agar antusias terhadap kehadiran kendaraan ini sehingga mau membaca buku buku yang tersedia disini dan mendengarkan ilmu pengetahuan yang disampaikan dari anda sebagai pengawaknya”, kata Letkol Inf Nanang selaku Kasiter dihadapan peserta lomba.

SIMOKOS sebagai perpustakaan dan sarana informasi keliling bisa dibilang sangat layak untuk dipakai menjalin interaksi sosial dengan warga masyarakat. Selain ketersediaan buku buku bacaan juga terdapat layar televisi yang digunakan untuk menyajikan visualisasi wawasan kebangsaan maupun bermacam pengetahuan.

Banyak metode yang digunakan para peserta ini untuk menarik minat membaca warga salah satunya dengan memberikan hadiah dari jalinan interaksi baik berupa pertanyaan maupun tanggapan dari warga. Lomba SIMOKOS yang digelar merupakan rangkaian dari kegiatan memperingati HUT ke 55 Korem 083/Bdj, selain dari pada itu di Aula Korem 083 jl. Bromo 17 tidak kalah ramainya karena dihari yang sama diadakan lomba Babinsa Teladan yang diikuti oleh perwakilan Babinsa terbaik dari kodim jajaran Korem 083/Bdj.

Mereka berlomba menyampaikan ide dan keberhasilannya dalam memberdayakan potensi di wilayah desa binaan masing masing.

Kapenrem 083/Bdj ketika ditemui media menyampaikan, bahwa dengan kegiatan ini selain kita memperingati ulang tahun satuan, juga sebagai ajang untuk mengukur dan melihat kemampuan Babinsa dilapangan, selama pelaksanaan kegiatan para babinsa didampingi oleh Danramil masing-masing serta perwakilan masyarakat didesa binaannya sebagai bukti bahwa apa yang dilakukan babinsa benar benar diakui oleh masyarakat, ujarnya.

Dan demi meningkatkan literasi warga untuk membaca buku. (anis)

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed