oleh

Babinsa Banjarsari Koramil 0825/03 Glagah Bantu Petani kendalikan Hama Tikus

-Sosial-17 views

Beritaoposisi.co.id.(Banyuwangi)

Babinsa Desa Banjarsari Koramil 0825/03 Glagah Sertu Gangsar Mujiono turut mengikuti kegiatan Gerakan Pengendalian Hama Terpadu (PHT) tikus sawah oleh Kelompok Tani Dewi Sri lingkungan Gunungsari Kelurahan Banjarsari Kecamatan Glagah. (07/09/2019).

Tikus sawah adalah salah satu jenis hama pada tanaman padi yang dapat mengakibatkan kerugian besar dan meresahkan para petani, sehingga Babinsa berkoordinasi dengan Petugas Pertanian Lapangan (PPL) mendampingi Kelompok Tani (Poktan) untuk pemberantasan hama tikus semenjak menjelang masa tanam sampai dengan panen padi.

Babinsa Kelurahan Banjarsari Koramil 0825/03 Glagah Sertu Gansar Mujiono menuturkan,

“Bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi serangan sejumlah hama di sawah khususnya hama tikus, dikarenakan serangan hama tikus sering kali terjadi setiap musim tanam padi, kegiatan ini dinilai efektif memberantas tikus yang menyerang tanaman padi di persawahan petani. Selain menggunakan musuh alami dari tikus itu sendiri yang berupa burung hantu dan ular sawah, karena populasi perkembang biakan tukus sangat cepat sekali,”tuturnya.

Sementara itu Kapten Inf Gunawan Danramil 0825/03 Glagah mewakili Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P menuturkan,

“Peran serta TNI AD khususnya Babinsa, memburu hama tikus merupakan pendampingan kepada petani, sebagai tindak lanjut kerjasama antara TNI dengan Kementrian Pertanian sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional. Selain itu, keikutsertaan Babinsa juga sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani demi tercapainya program pemerintah dalam hal ketahanan pangan nasional,”tuturnya.(Khotib/Pendim0825)

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed