oleh

Babinsa Kel. Pengantigan Berikan Motivasi Masyarakat Buat Kolam Ikan

(Banyuwangi)Beritaoposisi.co.id. Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat dibidang pertanian, tentunya perlu pemberian contoh dan motifasi kepada masyarakat, di antaranya dengan pembuatan kolam sebagai tempat budidaya ikan tawar yang nantinya digunakan sebagai tempat budidaya Ikan Nila.

Salah satu wujud kebersamaan dan peningkatan swasembada pangan, Serda Wintoro Babinsa Kelurahan Pengantigan Koramil 0825/01 Banyuwangi bersama warga melaksanakan karya bakti membuat  budidaya kolam ikan Nila tersebut merupakan swadaya masyarakat Lingkungan Gesari Kelurahan Pengantigan, sehinga bermanfaat untuk menambah perekonomian warga Kelurahan Pengantigan Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi, Jum’at (13/09/2019)

Serda Wintoro Babinsa Kelurahan Pengantigan Koramil 0825/01 Banyuwangi menyampaikan, pembuatan kolam ikan ini dapat menjadi pelopor untuk pengembangan perikanan air tawar yang lebih besar yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. “Pembuatan kolam ikan ini diharapkan bisa menjadi pelopor untuk pengembangan ikan air tawar di sini, ”tuturnya.

Selanjutnya Serda Wintoro  juga sedikit menjelaskan bagaimana tekhnis dan tata cara dalam memelihara ikan,

“Untuk bisa memperoleh hasil budidaya Nila yang baik, kunci utamanya terletak pada pengaturan kondisi air. Dengan suhu di Kecamatan Banyuwangi yang sering naik turun secara drastis antara siang hari dan malam, perlu perlakuan khusus supaya kondisi kolam tetap stabil agar menggunakan bahan alami yang disebut natural water system yakni hanya menggunakan detak, ragi tape, probiotic dan dolomit yang diracik sedemikian rupa sehingga bisa membuat ikan Nila berkembang dengan baik,”tuturnya.

Sementara itu Danramil 0825/01 Banyuwangi Kapten Kav Makali mewakili Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P mengatakan,“bahwa Babinsanya wajib turun langsung membantu dan mendampingi para petani yang ada di Kelurahan binaannya untuk mensukseskan Program Swasembada Pangan yang dicanangkan oleh Pemerintah,

“Kegiatan Babinsa tersebut merupakan suatu wujud kepedulian TNI Angkatan Darat  membantu masyarakat khususnya para petani untuk wujudkan program swasembada pangan yang sedang digalakkan oleh Pemerintah,”tuturnya.

Selain membantu petani turun kesawah, para Babinsa tersebut ikut berperan aktif berperan membina petani tambak dan masyarakat terkait program ketahanan pangan diantaranya kampanye “Gemar Ikan,”tuturnya.(Khotib/Pendim0825)

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed