oleh

Bank Sampah Desa Bedewang, Menambah Inkam Keluarga

Banyuwangi Oposisi.co.id

Inovasi Pemerintah Desa Bedewang Kecamatan Songgon Banyuwangi untuk pemberdayaan dan peningkatan pendapatan masyarakatnya dirikan Bank Sampah. Yang selanjutnya diberi nama sebutan ” Bank Sampah Melati “.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Bedewang yang akrab dengan sapaan nama Bambang saat dikonfirmasi Selasa 8/1/2019 di Pendopo Desanya. Menurut penuturannya Bank Sampah di Desanya sudah berjalan beberapa bulan yang lalu.

Tujuan didirikannya Bank Sampah tersebut selain dari segi lingkungan dapat meminimalisir buang sampah sembarangan. Juga dimaksudkan bagaimana sampah yang selama ini tidak bermanfaat menjadi manfaat bahkan membantu pendapatan keluarga.

” Sebelumnya kami lakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pendirian Bank Sampah ini tujuan dan manfaatnya apa bagi masyarakat. Setelah masyarakat memahami maka kami sediakan petugas khusus untuk mengambili sampah – sampah dari masyarakat sesuai jenis sampah yang bisa diterima di Bank Sampah, “ tuturnya.

Lebih lanjut Kades Bambang menjelaskan bahwa jenis sampah yang diterima di Bank Sampah adalah jenis un organik seperti misal kertas dan botol plastik. Sampah dari masyarakat dibeli oleh Bank Sampah dengan harga sesuai harga pasar. Ketika ditanya selanjutnya sampah yang diterima dari masyarakat dikelola bagaimana.

” Untuk sementara sampah yang sudah tertampung dari masyarakat dijual kepada pengusaha rongsokan. Kemudian hasil penjualan ditabungkan melalui rekening tersendiri. Ke depan akan diupayakan bagaimana bisa menambah nilai pada sampah yang kami terima. Satu misal mungkin nanti akan ada jenis sampah tersendiri yang bisa kita sulap jadi properti atau supenir sehingga kita jual ada tambahan nilai dari sampah tersebut. Untuk itu kami berencana agar Bank Sampah Melati ini bisa berjalan dengan baik, akan kita kerjasamakan pengelolaannya dengan Bumdes, “ pungkas Kades Bambang. (rdy35/eta).

30Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed