oleh

BERSIH DESA SEKARJATI BERTAJUK NGURI-NGURI BUDAYA DAN MEMPERSATUKAN MASYARAKAT DEMI KEMAJUAN DESA

-Budaya-49 views

BERITAOPOSISI.CO,ID ,NGAWI –  Tepat jatuh di hari Senin Pon bulan 4 tiap satu tahun sekali Desa Sekarjati gelar acara sakral , KONDANGAN yang lebih akrab di telinga kita dengan istilah BERSIH DESA . Senin 6/4/2019

Acara yang di hadiri Camat Karanganyar beserta staf . Kapolsek Karanganyar , Koramil Karanganyar , tokoh masyarakat dan ratusan warga Desa Sekarjati khususnya warga dusun Dondong dan dusun Sekarjati dari 4 dusun yang ada ,  konon dari cerita sesepuh desa . Balai desa Sekarjati adalah Exs gedung Kawedanan Gendingan

Kegiatan bersih desa yang diselenggarakan satu hari dua malam merupakan acara perdana selama pemerintahan desa Sekarjati ada , adapun rangkaian acara jelang kegiatan inti  ‘Selamatan di Balai Desa tepat di hari Senin Pon’ telah diadakan Doa bersama / istigosah yang dibimbing Kyai Ulin ( Ketua NU Kab.Ngawi ) . Minggu 5/4/2019, Ke esok harinya diadakan lomba anak-anak TK sampai jam 11.00 wib , Selamatan ‘ KENDURI ‘ dilanjutkan Seni Reog Ponorogo dan di akiri dengan Pagelaran wayang kulit  yang  rencana di hadiri oleh orang nomer satu di Kabupaten Ngawi , Budi Sulistyono yang akrab di sapa Bah Kung.

Satu persatu ibu-ibu dan bapak – bapak dengan membawa kurang lebih 400 jodang yang berisikan makanan , buah-buahan dan panggang ayam  masuk ke Balai Desa Sekarjati  dikumpulkan jadi satu ,  sambil menunggu acara dimulai.

Suasana dengan penuh khidmat dan hening menandai acara dimulai. Bahkan tidak sedikit warga yang hadir harus mengikuti prosesi Bersih Desa diluar Balai Desa karena  tidak mampu menampung semua warga yang mengikuti acara selamatan yang merupakan rangkaian sakral dari acara  pucak Bersih desa.

Dalam sambutannya Kepala Desa Sekarjati. Sugeng mengatakan , “ Mudah-mudahan acara Bersih Desa tahun ini berkah dan bisa menjadikan tongak semakin menyatu / rasa kebersamaan warga semakin kuat dengan harapan warga desa Sekarjati yang merantau bisa cepat kembali ke desa untuk saling bahu membahu membangun desa lebih baik dari sebelumnya “ .

Ia ( Kds.red ) menambahkan , Dengan menyatunya warga desa Sekarjati di harapkan bisa menjadi desa terbaik di Kecamatan Karanganyar , Kabupaten Ngawi selain pemecahan rekor ikan panggang terbanyak dalam acara bersih desa selama dia pimpin.Di akhir sambutanya Pemerintah desa Sekarjati berencana membuat ‘ Rumah Kerja ‘ yang diharapkan mampu memberi bekal warga desa untuk bisa memiliki skill sesuai peluang kerja yang diminati dan pemerintahan desa Sekarjati merencanakan dan memaksimalkan fungsi BUMIDES Desa Sekarjati untuk Pelayanan dan kemakmuran bersama  . ( Adv.Redpel )

7Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed