oleh

Demo Forum Komunikasi LSM Menyerahkan Berkas Dugaan Korupsi Kepada Kejaksaan

Pasuruan Beritaoposisi.Co.Id – Demo gabungan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kecamatan Wonorejo dan Kejaksaan Negeri Bangil, Kabupaten Pasuruan sempat tertunda. Namun akhirnya terealisasi juga pada Kamis, 11/10/2018.

Forum Komunikasi LSM menyerahkan berkas dan bukti adanya dugaan penyalah gunaan dana desa kepada pihak Kejaksaan

Dengan iring-iringan sepeda motor dan mini bus ratusan peserta demo berangkat dimulai dari halaman Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan sekitar pukul 08.00 WIB menuju Kantor Camat Wonorejo dan Kejaksaan Negeri Bangil dengan pengawalan kepolisian dari Polsek Kejayan dan Polres Pasuruan.

Setiba di kantor Kecamatan Wonorejo, Pimpinan LSM yang tergabung dalam Forum Komunikasi (FORKOM) LSM Kabupaten/Kota Pasuruan secara bergantian menyampaikan aspirasi terkait kinerja Kepala Desa yang sarat dugaan melakukan praktek penyimpangan dalam pengelolaan anggaran desanya. Salah satunya desa yang sedang santer dibicarakan publik yakni Desa Karangasem, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan.

Hanan, selaku Ketua DPD LSM Penjara Indonesia melalui pengeras suara dalam orasinya meminta Bupati Pasuruan (Gus Irsyad) secepatnya mengevaluasi kinerja Suhartono selaku Camat Wonorejo serta mencopot jabatanya karena dinilai tidak bisa melakukan tugas sebagai Camat.

Adapun pernyataan sikap Forum Komunikasi LSM Kota/Kabupaten Pasuruan di Kecamatan Wonorejo,

  1. Banyaknya dugaan penyalahgunaan Dana Desa di Kecamatan Wonorejo yang menjadi sorotan (perhatian) publik menjadi catatan buruk atas kinerja Camat Wonorejo sehingga gagal melakukan pembinaan dan pengawasan
  2. Camat Wonorejo sebagai ASN harus melaksanakan tugas sebagai abdi masyarakat bukan sebagai makelar proyek
  3. Camat harus bertanggung jawab atas hasil studi banding baik luar negeri atau dalam negeri
  4. Camat Wononerjo harus memperbaiki sistem birokrasi pemerintahan di desa-desa wilayah Keamatan Wonorejo termasuk mereview keabsahan ijazah dan legalitas SK para Perangkat Desa.

Setelah selesai berorasi di depan Kantor Kecamatan Wonorejo, peserta demo bergegas melanjutkan perjalanan menuju Kantor Kejaksaan Negeri Bangil, diruang kejaksaan perwakilan demo kemudian menyampaikan tuntutanya, diantaranya yakni;

  1. Mendukung kejaksaan untuk penegakan supremasi hukum di segala bidang khususnya yang menyangkut tindak bidang korupsi.
  2. Menuntut Kepala Kejaksaan Negeri Bangil untuk memaksimalkan kinerja saber pungli dan meningkatkan sinergitas dalam rangka penegakan hukum dengan penegak hukum yang lain agar tercipta pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Selanjutnya Forum Komunikasi LSM menyerahkan kepada pihak Kejaksaan sebuah berkas pelaporan dugaan penyimpangan penggunaan anggaran di desa Karangasem kecamatan Wonorejo kabupaten Pasuruan. (Pi/Sol)

17Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed