oleh

Desa Blarang Jadi Saksi Anniversary ke 1 Orpada

Pasuruan Oposisi, – Tasyakuran Anniversary 1 ORPADA ( Organisasi Pemuda Peduli Lingkungan Dan Alam), Di Balai Desa Blarang, Dusun Krajan Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan, jum’ at (16/11/2018).

Pengurus Orpada di Ulang Tahunnya ke 1

Acara sangat penuh kebersamaan dan dihadiri 38 komunitas pegiat yang ikut serta dalam acara tersebut, Sanggar, Pecinta lingkungan dan alam.

Suhendik Prastiya (ketua ORPADA) menjelaskan. “ini ulang tahun pertama ORPADA yang di laksanakan di balai desa Blarang kec Tutur Pasuruan, harapan kami kita harus saling menjaring dan mencari jaringan sesama antar kawan pegiat lingkungan lainnya, demi melestarikan bumi kita tercinta, menuju kepada kegiatan ORPADA sendiri yang sering membersihkan atau menyisir sungai untuk membersihkan sampah atau konservasi sampah yang dilakukan 1 bulan sekali ke gunung bromo untuk membersihkan sampah, disana itu menjadi agenda rutin ORPADA, sambil refresing kita pungut sampah dan bersifat sosial”, jelasnya.

Rangakain kegiatan yang sudah dilakukan

Gandung Ambar Trenggono selaku kepala desa Blarang mengatakan, “Harapan kami sebagai kepala desa sangat mendukung mensupport dengan adanya organisasi seperti ini, namun harapan kami yang lebih, bahwa keabsahanya organisasi seperti ini jangan musiman, dan kami harap lebih giat lagi, kompak agar tidak mudah tercerai berai, perjuangan yang tidak mungkin instant hasilnya pelan pelan terorganisasi, desa memang pada acara ini tidak membantu karena ada aturan yang mengatur, tetapi sebagai hadiah dari kepala desa kepada Orpada mendapatkan uang sebesar 500 ribu dengan kegunaan untuk mengisi kas Orpada”, tegas Kades

Acara yang berlangung dengan memberikan program program sesuai kecintaannya terhadap kelestarian alam sangat mendapat apresiasi dari para pegiat.

Sugiarto yang menjadi tokoh pendiri Yayasan Sanggar Indonesia Hijau sebagai tamu undangan sekaligus motivator dari si hijau Pasuruan.

” Intinya kita sejajar atau 1 mitra / pegiat lingkungan dan harapan untuk Orpada harus lebih ditingkatkan, untuk itu si hijau mensupport untuk badan hukumnya, dan akan kita bantu sampai KEMENKUM HAM. Orpada sendiri perannya sangat langka tanpa meminta bantuan dari dana desa, tanpa ada yg memerintahkan mereka, dengan panggilan hati dan ini sangat perlu di support dan Orpada sangat luar biasa”, tegas Sugiarto.

“Semoga Orpada menjadi organisasi yang mampu berfikiran secara global, dan tidak cukup dengan tindakan lokal saja, dalam arti mereka harus berwawasan luas baik mendunia, dan harus sampai menguasai lingkungan itu sendiri yang kebetulan di Blarang segala kegiatannya harus di tuntaskan terlebih dahulu”, imbuh Sugiarto. (Pi)

32Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed