oleh

DESA GANDRI TARGETKAN PEMBANGUNAN GEDUNG PAUD AMANAH DAN BUMDES BAROKAH JAYA ABADI DARI DANA DESA TA 2019

-Daerah-12 views
LOKASI PAPAN KEGIATAN APBDES GANDRI 2019

BERITAOPOSISI.CO.ID , NGAWI –   Pemerintah desa gandri , Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi bangun gedung  Kelompok Bermain ( KB ) PAUD AMANAH dan BUMDES Barokah Jaya Abadi  yang menelan anggaran sebesar Rp156.940.100   berasal dari Dana Desa tahun 2019. “ dengan volume bangunan  9 x 8 meter .

Menurut Kaur perencanaan desa Gandri ,Kamto  ,  terealisasinya pembangunan gedung PAUD dan BUMDesa  mendasar hasil Musrenbangdes ,  lantaran belum memiliki kedua gedung yang layak. “Selama ini 19 anak-anak  belajar menumpang pada gedung pertemuan PKK desa dan untuk kegiatan Bumides menumpang gedung Gapoktan Desa ,” ujarnya.

Pj Kades Gandri menegaskan pembangunan gedung pendidikan anak usia dini sangat penting sebagai sarana  membangun pondasi moral dan akhlak anak- anak sejak dini juga tidak kalah penting BUMDes sebagai upaya pemerintah desa menuju desa mandiri dan sejahtera  .

“Bagaimana anak-anak bisa belajar dengan nyaman dan tenang,  kalau tempatnya saja tidak laik. Untuk itu, saya sangat mendukung usulan tokoh masyarakat , BPD , LPMD dan Perangkat Desa dalam Musdus sampai Musrenbangdes selain pembangunan sektor ekonomi , Gedung BUMDes dan Infrastruktur jalan lingkungan ,” tegasnya .

PJ Kepala Desa Gandri ,Suwarno  mengatakan dalam proses pembangunan ini sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak.  Seperti, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, masyarakat, dan KB ( Kelompok Bermain / PAUD . “Mereka tidak masalah dengan pembangunan gedung baru KB ini dan semua  menyambut baik dan sangat mendukung,” terang dia

Sementara , BUMDesa atau Badan Usaha Milik Desa merupakan usaha desa yang dikelola oleh pemerintah desa, dan berbadan hukum.  menurut UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa  yang secara keseluruhan atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat desa. BUMDesa bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan ekonomi desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang dimiliki desa gandri . Pemerintah desa dapat mendirikan / Membangun gedung BUMDesa sesuai dengan kebutuhan guna menunjang potensi desa, urai PJ desa Gandri

Gedung PAUD dan BUMDes  dibangun di lahan milik desa, disamping Kantor Desa Gandri. “Saat ini sedang dibangun gedung KB dan BUMDes di lahan satu area pusat pemerintahan desa. Diharapkan tahun ini dengan target waktu 90 hari pekerjaan , bisa ditempati untuk kegiatan bermain anak dan kegiatan ekonomi desa , sementara pembangunan sudah 80 persen ,” ujar ketua tim pelaksana pembangunan Desa  ( PPD ) Gandri, Sunaryo .

Proses pembangunan gedung ditargetkan selesai dalam satu bulan ini.  “Kami targetkan selesai satu bulan. Setelah jadi  KB / PAUD dan BUMDes bisa   langsung dipindah untuk menepati gedung baru ,” sambung dia.  ( ADVETORIAL DESA GANDRI , BB )

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed