oleh

Desa Watesari Jadikan Desa Agrowisata

-Daerah-71 views

Sidoarjo- beritaoposisi– Pemerintah Desa Watesari Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo menjadikan wilayahnya sebagai Desa Agrowisata. Destinasi wisata yang dipilih adalah perkebunan buah blimbing. 2 ribu pohon blimbing akan ditanam diatas lahan TKD seluas 2 hektar. Ditempat tersebut juga akan dibangun tempat pengolahan blimbing. Selain itu juga dibangun gedung pusat edukasi. Inovasi tersebut merupakan program Pilot Inkubasi Inovasi Desa-Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi R.I Siang tadi, dilakukan peletakan batu pertama gedung pusat edukasi dan pengolahan blimbing oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum,

Rabu, 28/8/2019.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mendukung inovasi Pemdes Watesari. Diharapkannya akan menjadi daya tarik wisata tersendiri. Dirinya berharap program PIID-PEL Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi R.I dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dana yang digunakan harus dapat dipertanggung jawabkan. Dirinya berharap program tersebut akan menjawab kebutuhan desa-desa terhadap layanan teknis yang berkualitas.

Camat Balongbendo Puguh Santoso mengatakan Desa Watesari menjadi desa sasaran program PIID-PEL Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi R.I. Dana yang dikucurkan sebesar 1,3 milyar. Dana tersebut digunakan untuk pengembangan inovasi agrowisata DesaWatesari.
“Mudah-mudahan bantuan dari pemerintah pusat ini, olahan blimbing menjadi kebanggaan Kabupaten Sidoarjo,”harapnya.

Puguh juga berharap inovasi seperti ini dapat ditiru oleh desa lainnya. Ia katakan desa memang seharusnya memiliki sebuah ikon yang dapat dibanggakan. Ikon tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat lainnya.

Kepala Desa Watesari Sukisno mengatakan di agrowisata kebun blimbing nantinya pengunjung dapat petik buah blimbing langsung dari pohonnya. Buah blimbing yang dihasilkan ditempatnya sangat istimewa. Selain manis, ukurannya sangat besar. Selain itu ditempat tersebut pengunjung juga akan disajikan berbagai olahan blimbing. Salah satunya sirup blimbing.

Dalam kesempatan tersebut bupati didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sidoarjo Drs Ec. M. Ali Imron MM. (Bag).

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed