oleh

Diduga Ketua Kelompok Tani Sumber Subur Jual Bantuan Bibit Bawang 2018

Beritaoposisi.co.id Sumenep, – Dinas Pertanian Holtikultura dan Perkebunan ( Dispertaholbun ) kabupaten Sumenep Jawa Timur dipenghujung tahun 2018 lalu mengalokasikan bantuan bibit bawang kepada sejumlah kelompok tani yang ada di kabupaten paling ujung timur pulau madura Sumenep.

Namun sungguh ironis, bantuan bawang tersebut diduga disalah gunakan oleh salah satu ketua kelompok tani yang berdomisili di desa Tamidung kecamatan Batang Batang.

Salah satu bantuan pompa air dari pemerintah

Berdasarkan Informasi yang berhasil dihimpun dilapangan  dari beberapa pengurus kelompok tani Sumber Subur mengungkapkan bahwa bantuan bibit bawang yang seharusnya ditanam tersebut diduga dijual dengan alasan bibitnya jelek dan tumbuh.

Nara sumber yang enggan disebut namanya, ” dia mengatakan dugaan dijualnya bantuan bibit bawang tersebut untuk keperluan pembayaran fee, kepada seseorang yang telah meloloskan bantuan bibit bawang, ngakunya pada saya saat ditanya.

” Saya pernah meminta bibit bawang tersebut pada ketuanya kalau ada 150 kg saja untuk saya bagikan kepada anggota, tapi tidak dikasih dengan alasan bibitnya tumbuh dan jelek, ketuanya pernah bilang bahwa ada biaya administrasi untuk meloloskan bantuan bibit bawang itu sebesar Rp 5 juta, ya mau gimana lagi kalau bibitnya sudah tidak ada lagi”, ujar salah satu kelompok yang enggan disebut namanya.

Sementara H. Nortamin, ketua kelompok tani Sumber Subur membantah kalau dirinya telah menjual bantuan bibit bawang tersebut. Nortamin mengatakan bahwa bibit bawang tersebut sudah habis ditanam oleh anggota yang mau menanam, namun anehnya, saat diminta menunjukkan lokasi beralasan cuaca hujan dan jalannya rusak, bahkan foto dokumentasi penanaman bawang sudah terhapus, kata Nortamin saat dijumpai dirumahnya di dusun noom desa Tamidung baru baru ini.

Nortamin selalu banyak berkilah saat di konfirmasi terkait bibit bawang di alokasikan di kelompok mana.

Masih kata Nortamin, dia menjelaskan ” bantuan bibit bawang yang diberikan oleh dinas pertanian sebanyak 5 kwintal, selain bibit ada juga pompa air dan kalau untuk jenis obat obatan tidak ada, hanya itu”, ucapnya.

Secara terpisah, penyuluh pembina lapangan ( PPL ) Suhadak saat dijumpai di kediamannya rabu 13/03. Dia merasa heran ketika ditanya tentang kabar dugaan dijualnya bantuan bibit bawang tersebut.

Suhadak merespon dan akan kroscek kebawah tentang kabar kebenaran hal itu, dulu waktu penanaman saya lihat itu tertanam kok, cuma ada sisa waktu itu sekitar 4 persen karena bersamaan dengan musim padi, namun saya sarankan agar bibit itu segera ditanam di musim ke-2,” ucap PPL.

Bantuan bibit bawang yang diberikan pada kelompok tani sebanyak 725 kilogram, pompa air serta obat obatan, dan diambil di balai pertanian di desa Giring kecamatan Mancing. ( har/Mrw )

 

#bantuan bibit bawang

#kelompok tani Sumber Subur

#Nortamin

7Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed