oleh

Dinas Pendidikan Sumenep Gelar Sosialisasi PKG DAN PKB

Sumenep Oposisi – Dinas Pendidikan kabupaten Sumenep Resmi menggelar Scara Kegiatan Pelaksanaan Sosialisasi PKG ( penilaian kinerja guru ) dan PKB ( pengembangan keprofesian berkelanjutan ) se-Kecamatan batuan, selasa 09-10-2018 pukul 07:30wib

Kegiatan ini digelar dan dilaksanakan bertempat DiRuang Aula atau di Auditorium Pendok Pesantaren AR-Raudah Desa Gedungan Kecamatan Batuan Selasa 09-10-2018,

Sosialisasi PKG dan PKB tersebut dibuka langsung oleh Kasi pengembangan dan pengendalian bidang ketenagaan Yanto Winarjo.S. Pd. M.Si,

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala Sekolah, Operator Sekolah dan Guru senior sekolah mulai dari tingkat Guru TK, SD dan SMP, baik Negeri maupun Swasta, se-Kecamatan Batuan.

Kasi Pengembangan dan Pengendalian Dinas Pendidikan Sumenep yanto Dalam sambutannya memaparkan sejumlah serangkaian kegiatan tersebut untuk menunjang kegiatan PKG dan PKB pada tahun 2019. Karena pada tahun 2019 mendatang sistem penilaian PKG dan PKB sudah berbasis aplikasi Online.

Sistem aplikasi berbasis Online dalam Penilaian Kinerja PKG dan PKB sudah dibuat oleh team Pengembangan dan Pengendalian Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep,” kata Yanto Winarjo pada saat menyampaikan Sosialisasi di Aditorium AR-RAUDAH.

Yanto sapaan akrabnya juga mengatakan didepan para guru, bahwa kedepannya aplikasi berbasis Online ini selain untuk penilaian PKG dan PKB, juga untuk mempersiapkan angka kredit tahunan yang juga berbasis Online, Kegiatan Sosialisasi ini merujuk pada PERMENPAN-RB Nomor 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya, Sedangkan Sasaran kegiatan Sosialisasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) meliputi Guru TK, Guru SD dan Guru SMP Negeri maupun Swasta,” imbuhnya.

Sementara kegiatan Sosialisasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bertujuan :

1. Menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.

2. Menjamin bahwa guru melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional.

3. Menentukan persentase perolehan hasil penilaian kinerja untuk perhitungan angka kredit yang diperoleh atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang dilakukannya pada tahun berjalan.

4. Menjadi dasar untuk menyusun program pengembangan keprofesiannya sebagai guru pembelajar.

Selain itu kegiatan Sosialisasi PKG dan PKB ini juga bertujuan agar guru dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja para guru. Agar supaya bisa menyajikan suatu landasan untuk pengambilan keputusan, penetapan efektif atau kurang efektifnya untuk program pengembangan keprofesian berkelanjutan dan mempertahankan sikap-sikap positif dalam mendukung pembelajaran peserta didik dalam mencapai prestasinya kedepan.

Acara Kegiatan Sosialisasi PKG dan PKB se-Kecamatan Batuan tersebut juga, dihadiri oleh Saiful Malik, M. Pd., dan Didik Suharto, M. Si., keduanya didapuk oleh Dinas Pendidikan Sumenep untuk menjadi Narasumber dalam kegiatan Sosialisasi PKG dan PKB tersebut. tambahnya,

Tim Sosialisasi yang turun kelapangan dipimpin langsung oleh kepala dinas pendidikan h.moh sadik beserta kepala bidang ketenagaan h.moh saleh dan jajarannya, Sesuai dengan jadwal kegiatan, tim dibagi per wilayah, hari ini ada 9 kecamatan yang dilakukan sosialisasi, meliputi kecamatan Batuan, kecamatan Lenteng, kecamatan Rubaru, kecamatan Guluk guluk, kecamatan Ambunten, kecamatan Bluto, kecamatan Batu putih, kecamatan Gapura dan kecamatan Kalianget.Adv. ( mrw )

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed