oleh

Dishub Kota Blitar Larang Bongkar Muat Barang Sembarangan

Kota Blitar Oposisi, _ Truk yang melakukan bongkar muat barang di sembarang tempat, bakal ditindak tegas Dinas Perhubungan Kota Blitar. Khusunya kegiatan bongkar muat barang di pinggir jalan yang sering menghambat arus lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Blitar Priyo Suhartono mengatakan, selama ini petugas Dishub Kota Blitar intens melakukan pengamanan dan pemantauan toko di wilayah kerjanya. Dari pemantauan tersebut, pihaknya masih menemukan pengusaha dan pemilik toko yang membandel melakukan bongkar muat barang di pinggir jalan.

“Kegiatan bongkar muat barang di pinggir jalan masih kerap dilakukan di pinggir jalan. Padahal kegiatan itu berbahaya bagi pengguna jalan lainya. Apalagi di titik-titik yang arus lalu lintasnya cukup ramai,” kata Priyo Suhartono, Kamis (18/10/2018).

Priyo menyebut, ada beberapa kawasan di Kota Blitar yang sering digunakan truk angkutan barang untuk bongkar muat. Di antaranya di Jalan Ciliwung, Jalan Mawar, Jalan Tanjung, Jalan Cemara, dan Jalan Dr Wahidin.

“Seharusnya truk angkutan barang melakukan bongkar muat di gudang atau di terminal barang,” tandas Priyo.

Priyo menambahkan, Pemkot Blitar pun sebenarnya sudah menyediakan terminal kargo untuk bongkar muat truk angkutan barang. Sehingga pemilik usaha toko tidak melakukan bongkar muat barang di sembarang tempat.

“Pemkot juga sudah menyediakan tempat bongkar muat barang di terminal kargo, dengan harapan agar mereka tidak bongkar muat barang sembarangan. Namun pada kenyataanya masih ditemukan kegiatan bongkar muat barang di sembarang tempat,” tandas Priyo.

Lebih lanjut Priyo menyampaikan, guna menertibkan kegiatan bongkar muat barang, Dishub Kota Blitar juga akan menggandeng Satlantas Polres Blitar Kota. Dishub dan polisi akan menindak truk yang bongkar muat di tempat sembarangan. Dishub menindak dari sisi administrasinya. Sedangkan untuk pelanggaran hukumnya diserahkan ke polisi.

“Sanksi administrasi bisa saja kir-nya kami cabut, kalau dari sisi hukum bisa ditilang,” ujarnta.

Sementara, Kasat Lantas Polres Blitar Kota, AKP Bayu Halim Nugroho menyatakan siap membatu Dishub menertibkan truk yang melakukan bongkar muat di pinggir jalan. Dia juga sudah berkoordinasi dengan Dishub soal rencana penertiban.

“Mungkin pekan depan mulai penertibannya. Tidak hanya penertiban truk bongkar muat sembarangan, kami juga kerja sama dengan Dishub untuk penertiban parkir liar di atas trotoar,” kata AKP Bayu Halim Nugroho.

Bayu menandaskan, aktivitas truk melakukan bongkar muat di pinggir jalan memang dilarang. Bongkar muat di pinggir jalan dapat membahayakan pengendara lainnya.

“Polisi bisa melakukan penindakan dengan cara menilang,” tegas Kasat Lantas Polres Blitar Kota. (Fajar AT)

8Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed