oleh

Dituding Tolak Program Penghijauan Oleh LSM , GPP PTPN XII Membantah

-Daerah-118 views

Banyuwangi Oposisi.co.id

Ramainya pemberitaan di salah satu media tentang tudingan kepada Manager Perkebunan PTPN XII, pengajuan Program Penghijauan yang diajukan oleh salah satu LSM. Ketua Gabungan Perusahaan Perkebunan ( GPP ) H. Sudjarwo, SP dengan tegas membantah bahwa PTPN XII tidak menolak pengajuan program tersebut.

Berikut penjelasannya disampaikan oleh Ketua GPP H. Sudjarwo, SP yang juga selaku Manager Kebun Kalikempit itu. Bahwa PTPN XII sangat mendukung dan terbuka kepada siapapun yang punya program bagus.

” PTPN XII welcome kepada siapapun yang ingin bangun kemitraan ajukan program yang bagus dan punya manfaat baik bagi Perkebunan maupun masyarakat. Hanya saja niatan yang baik hasilnya akan baik bila dilakukan dengan cara yang baik pula. Prosedurnya dilalui dengan baik sesuai aturan yang berlaku, karena kita punya otoritas dan mangacu pada regulasi yang ada dalam mengelola HGU artinya tidak ujuk – ujuk begitu saja, ” ujarnya Sabtu 24/11/2018 ketika dikonfirmasi.

Lanjut penjelasan H. Sudjarwo, SP bahwa tanah sepadan yang ada di area HGU merupakan hak pemegang HGU untuk perawatan dan pengelolaannya. Ditegaskan penryataannya bahwa yang disampaikan itu sesuai legal opinion salah satu institusi.

” Tegasnya seperti ini mas, sesuai dengan legal opinion yang dikeluarkan oleh salah satu institusi dan itu punya kekuatan hukum menjadi pegangan kami. Dalam legal opinion dijelaskan bahwa pengelolaan dan perawatan tanah stren yang ada di area HGU diserahkan sepenuhnya kepada pemegang HGU. Oleh karena itu jangankan mereka punya tujuan untuk kerjasama dengan kita. Tamu biasa pun atau silaturrahmi saja harus kulo nuwun atau ijin terlebih dahulu secara formal ke Direksi atau pemegang otoritas Kebun setempat, ” lanjutnya.

Sehubungan dengan program penghijauan di PTPN XII Ketua GPP dan beberapa Manager memberikan penjelasan bahwa PTPN XII. Jauh sebelumnya sudah menjalankan program penghijauan secara berkala. Bahkan ada sebuah kebijakan kalau menebang 1000 pohon harus ganti 10.000 tanaman pohon penggantinya.

” Terkait program penghijauan seperti yang diajukan LSM itu, kita keluarga besar PTPN XII sudah menjalankan program tersebut. Dan itu kita lakukan secara mandiri dan berkala. Artinya kita dari PTPN XII punya niatan yang sama yaitu menjaga kelestarian alam ada lingkungan. Jadi sangat tidak tepat kalau PTPN XII tidak mendukung atau menolak program penghijauan oleh LSM itu mas, ” jelentrehnya.

Sementara beberapa Manager Perkebunan PTPN XII yang tergabung dalam GPP mengaku merasa resah atas ulah LSM tersebut. Bahkan Ketua GPP juga menegaskan siap menghadapi upaya apapun oleh LSM tersebut. Andai dari pihak LSM masih kurang puas dengan alasan – alasan yang disampaikan pihak GPP atas nama PTPN XII. (rdy35/eta).

13Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed