oleh

Festival “KAMPUNG TAHU LAN SEMBARANG ONO” Digelar Nanti Malam 

-Budaya-306 views

BANYUWANGI oposisi.co.id

Diawal bulan Januari tahun 2019 festival Tahu yang akan digelar nanti malam selepas Magrib di Dusun Timurejo Desa Gitik Kecamatan Rogojampi Banyuwangi, akan menjadi suatu sajian festival Kuliner yang sangat menarik dan spektakuler.Sabtu (05/01/19)

Festival kali pertama ini nantinya akan menampilkan berbagai jenis menu masakan dengan berbagai rasa berbahan dasar tahu.
Nampak terlihat di pra acara Festival Warga dan pemuda mempersiapkan stand – stand di kanan kiri jalan lokasi Festival tahu diadakan.

Kades Hamzah dan Iwan Wasito (Pendaping) beserta jajaran Pengurus Kegiatan Festival Kampung Tahu.

Tahu yang berbahan dasar kedelai ini juga tak kalah saing dengan festival kuliner lainya yang digelar di beberapa tempat di Kabupaten Banyuwangi.

Seperti disampaikan oleh Iwan Wasito selaku Pendamping dan Pembina Pemuda Dusun Timurejo Desa Gitik, saat dikonfirmasi menyampaikan tentang bagaimana proses awal sampai tercetus gagasan bersama mengadakan Festival Tahu dengan tema “KAMPUNG TAHU LAN SEMBARANG ONO” 

“Ide gagasan ini muncul sebulan yang lalu dengan menjalankan sistem organisasi kepengurusan yang sudah ada, kemudian kita rapatkan dan musyawarah dengan Warga beserta tokoh – tokoh yang ada kemudian hasilnya kita sampaikan kepada Kepala Desa Gitik untuk mendapatkan dukungan. Dan Alhamdulillah direspon positip”.. Ujar Iwan Wasito.

Masih dalam keteranganya, “Sebenarnya untuk potensi yang menjadi prioritas di Dusun Temurejo ini adalah Tahu. Karena potensi ini dari sejak tahun 70 an sampai saat ini tidak pernah mengangkat sebuah acara yang bisa mengembangkan UMKM yang ada, untuk kedepannya seperti apa. Maka ide gagasan ini nanti kedepannya agar menjadi rutinitas dan identitas baru di tempat kita” tambahnya.

Ditempat yang sama Kepala Desa Gitik Rogojampi Hamzah memberikan keterangan, bahwa kegiatan Festival ini murni tercetus dari ide dan gagasan yang bagus dari masyarakat untuk mengangkat nilai potensi yang ada terutama Home Industri kuliner tahu.

“Begini mas.. Ide cemerlang ini murni dari masyarakat Yang mana diketahui Desa Gitik ini sudah puluhan tahun terkenal dengan adanya home industri Tahu. Sehingga potensi ini patut dan layak disuguhkan dan dikenalkan ke berbagai daerah. Maka dari itu pada Festival ini nanti masyarakat akan membuktikan akan keunggulan hasil usaha Tahu yang ada di Desa Gitik. Secara otomatis nantinya melalui Festival akan bisa mengangkat tarap hidup perekonomian masyarakat Gitik terutama Dusun Timurejo ini”.. ulas Kades Hamzah.

“Secara pribadi maupun atas nama pemerintah Desa kami sangat apresiasi yang luar biasa kepada warga kampung Tahu Dusun Timurejo ini, karena dari ide dan gagasan cemerlang yang dicetuskan oleh Warga kami sehingga home industri Tahu di desa Gitik dikenal oleh Masyarakat luas baik dalam maupun luar daerah”.. imbuhnya.

Iwan Wasito (Pembimbing) dan Hamzah (Kades Gitik Kecamatan Rogojampi)

Iwan Wasito (Pembimbing kegiatan festival) dan Hamzah (Kepala Desa Gitik) berharap hal yang sama agar kegiatan ini bisa digelar dalam seminggu sekali atau sebulan sekali, tidak hanya berhenti hari ini saja. Agar melalui Festival ini dapat memberikan nuansa dan peranan kepada pemerintah daerah maupun Kecamatan. Bahkan berharap sekali kepada Bupati Banyuwangi agar dapat hadir untuk meresmikan bahwa Desa Gitik benar benar mempunyai produk unggulan home industi yaitu Tahu. (eta) 

187Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed