oleh

H. Nurhayat dkk Hadiri Sidang Dakwaan Kliennya Di PN Tipikor Surabaya

-Hukrim-86 views

Banyuwangi Oposisi,

Persoalan yang membelit Kepala Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi, hari ini memasuki sidang dakawaan di Pengadilan Negeri ( PN ) Tipikor Surabaya. Hal tersebut disampaikan oleh H. Nurhayat, SH salah satu Kuasa Hukum dari Bendahara Desa Kalibaru Wetan ” Sariwati “.

Yang mana menurut H. Nurhayat, SH, terdakwa Sariwati selaku Bendahara Desa Kalibaru Wetan telah dilakukan penuntutan secara terpisah dalam kegiatan penyelenggaraan Aloksai Dana Desa (ADD) Kalibaru Wetan, dengan Terdakwa utama Kades Kalibaru wetan ibu Siti Suadah.

” Sementata Terdakwa utama Kades Kalibaru Wetan telah dijatuhi putusan Pengadilan Tipikor Surabaya, 2 tahun 8 bulan. Dan Sariwati sebagai terdakwa lanjutan dari putusan Pengadilan Tipikor Surabaya terhadap Kedes Kalibaru wetan, ” tutur Nurhayat, SH Kamis 4/10/2018 via WhatsApp.

Lanjutnya, yang mana Sariwati ini dalam sidang didakwa telah ikut serta melanggar pasal 2 ayat 1 jo Pasal 18 ayat 1 hurup b. UU No 31 th 1999 dan UU No 20 th 2001, UU No 31 Th 1999 jo pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP. Dan hari ini  sidang Dakwaan terhadap Ibu Sariwati dilaksanakan.

Ketika ditanya terkait hasil putusan sidang oleh Hakim, kepada awak media H. Nurhayat, SH Kuasa Hukum Sariwati.

” Kita bukan dari Kuasa Hukum ibu Kades, melainkan kuasa dari Sariwati yang menjabat sebagai Staf Desa Kalibaru wetan. Kalau menurut hasil sidang putusan Kades oleh PN Tipikor, bahwa kerugian Negara sudah dibebankan kesemuanya terhadap Kades Kalibaru Wetan. Sehingga tidak beralasan kalau ibu Sariwati yang hanya sebagai Bendahara Desa dilibatkan dan dikenakan pasal tersebut diatas. Dan apa lagi uang yang dikeluarkan kesemuanya atas perintah Kepala Desa. Sehingga kami akan membuktikan bahwa atas dakwaan penyalah gunaan wewenang sangat tidak tepat sekali terhadap ibu Sariwati, ” ucapnya.

Untuk pembelaan hak hukum atas kliennya dengan putusan sidang tersebut, Nurhayat, SH dkk. Ketika ditanya upaya apa yang akan dilakukan untuknkliennya. Nurhayat, SH mengaku akan memberikan bukti – bukti, baik  melalui keterangan  saksi – saksi dan kwitansi pengeluaran uang Alokasi Dana Desa ( ADD ) yang ditandatangani oleh Kepala Desa. Dalam hal ini selaku Kuasa Hukum dari Sariwati terdiri dari H. Nur Hayat, SH, Hadi Purnomo S.H, dan Saleh S.H. (rdy35).

61Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed