oleh

Heboh…Jenang Sapar Ludes Diserbu Pengunjung

-Budaya-67 views

BANYUWANGI Oposisi.co.id

Sepanjang jalan Desa Sukojati Kecamatan Blimbingsari Kebupaten Banyuwangi, ramai dengan pengunjung dari dalam dan luar Desa. Mereka tumpah ruah dalam rangka mengikuti dan menyaksikan Festival Jenang Sapar yang digelar oleh Pemerintah Desa bersama Tokoh Adat dan Karang Taruna.

Di sepanjang bibir jalan Desa banyak berdiri stand peserta yang dijadikan tempat menyajikan Jenang Sapar buatannya. Untuk sementara waktu karena kegiatan tersebut jalur lintas sedikit terganggu dan pengguna jalan harus bersabar. Sebelum acara dimulai Pemerintah Desa memberikan kesempatan pada warga yang ingin mendapatkan layanan kesehatan. Dipersilahkan menuju satu tempat di mana ada petugas tim Kesehatan Puskesmas Pembantu yang siap memberikan layanan kesehatan gratis.

Diawali dengan doa bersama oleh seluruh unsur Pemerintah Desa Sukojati, Tokoh Masyarakat, dan Karang Taruna di Pendopo Desa. Sekilas Kepala Desa Sukojati Untung menyampaikan sepatah dua patah kata. Yang diawali dengan permohonan maaf bahwa Camat Blimbingsari tidak bisa bersama warga saat itu.

” Sebelumnya atas nama Pak Camat menyampaikan permohonan maaf, tadi Pak Camat sudah datang ke sini. Tapi karena Pak Camat keburu mau antar anaknya ke Jogja mohon pamit, ” ucapnya.

Lanjut penyampaian Kades Untung, “Fastival Jenang Sapar ini dilaksanakan tidak untuk persoalan mana baik tidak baik, kalah atau menang. Melainkan dalam rangka melestarikan budaya adat leluhur, dan yang terpenting berkumpul dan silaturahmi yang kuat bisa terlihat di Desa Sukojati ini, ” ungkapnya.

Usai berdoa bersama Kepala Desa bersama seluruh unsur Pemerintah Desa sambangi satu per satu stand yang sudah siap suguhkan Jenang Sapar buatan masyarakat dari masing – masing RT. Pada waktu yang bersamaan pengunjung berhamburan serbu setiap stand Jenang Sapar dan menikmati sepuasnya.

Bahkan pengguna jalan yang kebetulan akan melintas sembari menunggu sepinya kerumunan. Memilih ikut – ikutan samperi stand Jenang Sapar berbaur dengan pengunjung lain santap Jenang Sapar. Sehingga dalam waktu tidak lama Jenang Sapar suguhan warga Sukojati yang tersedia di tiap stand ludes.

Kemeriahan bertambah di pusat kegiatan Kantor Desa Sukojati dengan kehadiran pasukan Drum Band. Yang mana pasukan Drum Band bergerak dari arah utara Pendopo Desa dan pada barisan terdepan. Terlihat 4 orang anak yang di tangannya membawa Jenang Sapar representasi dari tema acara adat Masyarakat Desa Sukojati. (rdy35/eta).

8Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed