oleh

Hujan Adalah Berkah Kebanyakan, Bagi Warga Alasmalang Sementara Jadi Ancaman

-Daerah-38 views

Banyuwangi Oposisi.co.id

Turunnya hujan adalah harapan manusia saat musim kemarau berkepanjangan. Dan kedatangannya seakan jadi berkah bagi semua kehidupan di muka bumi. Sebenarnya pada kondisi yang sama yaitu saat musim panas, warga Alasmalang pun berharap kedatangan yang namanya hujan.

Namun menjadi lain harapan sementara bagi warga Desa Alasmalang Kecamatan Singojuruh Banyuwangi. Setelah beberapa kali Desanya tertimpa bencana banjir yang mengakibatkan banyak kerugian. Banjir Bandang beberapa bulan lalu menyebabkan trauma yang sangat panjang. Belumlah hilang dari ingatan peristiwa memilukan itu, pada Minggu jelang petang 25/11/2018 banjir yang dikhawatirkan datang lagi.

Sementara meluapnya air ke pemukiman warga diduga karena lubang Jembatan yang berpenyangga bagian tengah. Dan menyempitnya sungai karena material bawaan banjir sebelumnya belum terangkat.

” Untung saja lubang jembatan tidak tersumbat material kayu seperti yang dulu mas, kalau tersumbat lagi bisa habis rumah masyarakat kenak banjir. Saya dan yang lain tidak tenang kalau ada informasi di wilayah Songgon turun hujan, apalagi waktu malam. Masyarakat banyak yang tidak tidur jaga – jaga semalaman, ” kata ” MR “ warga Dusun Wonorokso saat ditemui di depan rumahnya Selasa 27/11/2018.

Berikut Tokoh masyarakat bernama Heru menambahi keterangan timpali apa yang disampaikan oleh ” MR “.

” Masalah kejadian banjir di Alasmalang kalau kita amati penyebab utamanya adalah dari kontruksi jembatan yang ada penyangga ditengahnya. Sehingga kalau ada material kayu mudah tersangkut, disamping curah hujan meningkat. Terkait material pasir dan batu itu pro kontra, tapi terserah kepada yang punya wewenang dalam menyikapinya, “ jelasnya Rabu 28/11/2018.

Pantauan media Selasa malam Rabu hujan terus mengguyur wilayah Songgon, Singojuruh, Rogojampi, Kabat dan sekitarnya. Benar adanya di beberapa rumah, warga Desa Alasmalang terlihat cemas mewaspadai kondisi sungai dan jembatan. Terlihat di sekitar jembatan sepertinya ada warga yang sengaja di tugaskan memantau situasi. (rdy35).

3Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed