oleh

Inilah Penetapan Nama dan Nomer Urut Calon Kepala Desa Singojuruh

Berita Oposisi.co.id

Panitia Pilkades Singojuruh Kec. Singojuruh Kab. Banyuwangi, Sabtu 31/08/2019 lalui tahapan berikutnya yaitu Penetapan Nama dan Penentuan Nomer Urut Calon Kepala Desa yang akan berkompetisi pada Pilkades 9 Oktober 2019 mendatang.

Terlibat dalam Pleno tersebut selain para Bakal Calon beserta tim pendamping, Kepala Desa Singojuruh, Ketua BPD, Ketua LPMD, Kapolsek Singojuruh diwakili oleh Bhabinktibmas Desa Singojuruh Bripka Deddy Hidayat, dan Babinsa Singojuruh Koptu Agus Hidayat.

Acara Rapat Pleno Penetapan Nama dan Nomer Urut Calon Kepala Desa Singojuruh diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu pembawa acara berikan waktu kepada Ketua Panitia Pilkades Singojuruh Taufik Hidayat untuk memberikan sambutan sekaligus menentapkan Bakal Calon menjadi Calon.

Ketua Panitia Pilkades Singojuruh Taufik Hidayat dalam sambutannya awali dengan mengapresiasi dan ucapan trima kasih kepada masyarakat Singojuruh. Bahwasanya Panitia dalam melaksanakan tahapan demi tahapan berjalaan dengan baik. Yang diakuinya berkat dukungan dan partisipasi masyarakat. Hingga sampai hari ini tiba pada tahapan penetapan nama bakal calon dan nomor urut Bakal Calon menjadi Calon berjalan dengan baik. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Bhabinkambtimbas juga Babinsa yang telah berpartisipasi dan mendukung kelancaran Panitia dalam melaksanakan tahapan – tahapan Pilkades selama ini.

Sebelum Pleno Penetapan sekilas Taufik Hidayat paparkan tentang Perda Nomor 9 tahun 2015 yang berisikan 4 item diantaranya 2 item disebutkan bahwa, “Penetapan nama bakal calon dan nomor urut bakal calon menjadi calon berbunyi bersifat TERBUKA. Pelaksanaan tahapan ini bersifat FINAL dan MENGIKAT. Sehingga setelah tahapan ini berjalan dan sudah ditetapkan menjadi Calon, maka kepada para Calon diharap kerjasamanya dalam melanjutkan proses tahapan – tahapan berikutny sampai pada titik 9 Oktober 2019 agar dapat berjalan dengan baik. Dan Akhirnya Taufik Hidayat bacakan berita acara Pleno Penetapan Nama dan Penentuan Nomor Urut Calon. Bahwa Bacalon Kades atas nama Boehari, BA, Mohamad Vahid Faiq, Suharto, dan Drs. Saifudin sebagai Calon Kepala Desa Singojuruh.

Kepala Desa Devinitif Sahuni, dalam sambutannya menekankan yang terpenting dalam Pemilihan Kepala Desa Singojuruh berjalan tertib, aman, dan damai serta tidak ada masalah. Kepada para Calon Kades Sahuni menyarankan, “Bagi para Calon serahkan semuanya kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kita tidak bisa memprediksi siapa Calon yang menang dan siapa yang kalah. Kalah memang sama saja, yang penting kita bisa menjaga keamanan desa dan lingkungan kita. Dan semiga apa yang kita laksanakan ini tidak membawa dampak negatif terhadap kehidupan masyarakat “.

Sementara Kapolsek Singojuruh melalui Bhabinkamtimnas Desa Singojuruh Bripka Deddy Hidayat menyampaikan pesan Kamtibmas. Diharapkan agar kegiatan dari awal hingga hari H pelaksanaaan Pemilihan Kepala Desa nanti berjalan dengan kondusif. Kepada para Calon Kades beserta pendukungnya diminta untuk bersama – sama tetap menciptakan susasana yang kondusif dan saling menghormati saling mengerti sesama Calon. Berikut dihimbau kepada para Calon dan pendukungnya setelah usai acara tersebut sedianya dapat meninggalkan Aula Desa dengan tertib, damai jangan ada gejolak yang menimbulkan ketersinggungan satu sama yang lainnya.

Proses penentuan nomer urut calon akhirnya dilangsungkan. Yang mana dalam hal ini tehnis pengambilan nomer urut calon dipandu oleh unsur Panitia yaitu Sekdes Habiby. Semula dilakukan pengambilan undian nama oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua LPMD, dan Ketua BPD untuk menentukan siapa calon yang akan melakukan pengambilan nomer undian pertama kali. Hasilnya berhak mengambil undian nomer urut pertama adalah Calon bernama Buhari, BA, kedua Suharto, ketiga M. Faiq, dan keempat Drs. Saifudin.

Kemudian para Calon yang sudah ambil undian nomer urut Calon dikomando oleh Panitia dengan hitungan 1,2,3 dibuka bersama. Dan hasilnya sebagai Calon Kades dengan No. Urut : 1 Buhari, BA, No. Urut : 2 Mohammad Vahit Faiq, No. Urut : 3 Suharto, dan No. Urut : 4 Drs. Saifudin. Setelahnya kepada para Calon diminta untuk menanda tangani berita acara Penetapan Nama dan Penentuan Nomer Urut Calon Kepala Desa Singojuruh pada Pilkades 9 Oktober 2019. (rdy35/ktb).

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed