oleh

Kades Gumirih Tepis Tudingan Memfasilitasi Kampanye Di Musrenbangdes

-Daerah-28 views

Banyuwangi Oposisi.co.id

Ramai di medsos Kades Gumirih Mura’i Ahmad, SE dituding memfasilitasi salah satu Caleg berkampanye di Musrenbangdes Kamis 24/01/2019. Tudingan itu tidak dibenarkan oleh Kades Mura’i ketika dikonfirmasi beberapa media di salah satu tempat di Rogojampi Sabtu 26/01/2019.

Dalam konfirmasinya ketika ditanyak apa alasannya mengundang Tokoh Partai Politik dan Anggota DPRD se Dapil 2. Kades Mura’i Ahmad memberikan keterangannya.

” Niatan saya baik mengundang yang terhormat para anggota DPR dan Tokoh Partai yang ada di Dapil 2. Harapan saya beliau – beliau bisa memberikan pencerahan tentang politik, menyerap aspirasi masyarakat di desa saya sehubungan ada Musrenbangdes. Saya tidak memfasilitasi salah satunya untuk berkampanye, justru saya berharap kalau beliau – beliau bisa hadir waktu itu, pasti saya beri kesempatan untuk menyampaikan hal yang sama satu per satu saya kasih waktu 5 menitan di forum asal tidak kampanye, ” ungkapnya.

Terkait siapa saja yang diundang dari unsur politik pada Musrenbangdes, Kades Mura’i menjelaskan.

” Yang diundanghadirkan adalah Tokoh Partai dan 9 anggota DPRD se Dapil 2 dengan undangan resmi, 7 undangan diantar oleh staf Desa dan dan 5 undangan saya sendiri yang antar. Ada dua undangan yang tertunda, karena saya 2 hari Selasa dan Rabu ke kantor Fraksinya tutup dan itu bisa dibuka CCTV bukti saya antar undangan itu. Jadi tidak benar kalau saya dibilang memihak, atau hanya mengundang Pak Michael saja, “ jelasnya.

Kades Mura’i juga menyesalkan fotonya diposting di facebook oleh seseorang dan disertai cuitan yang bersifat penghinaan, ujaran kebencian, dan menghakimi.

” Yang saya sesalkan lagi ada oknum yang sebar foto saya disertai penghinaan, ujaran kebencian dan menghakimi saya katanya melanggar undang – undang pasal sekian, sementara Bawaslu yang sudah melakukan investigasi kemarin masih belum menyimpulkan apa – apa, saya sudan dihakimi seperti itu. Saya tidak menanggapi komen – komen mereka. Dan itu telah membuat istri dan keluarga saya sedih, tidak tahan mengetahui saya diperlukan seperti itu di medsos. Mohon kepada rekan – rekan media diluruskan melalui pemberitaannya, masak saya dihujat mati – matian dan dikriminalisasi, “ sesalnya.

MICHAEL EDY HARYANTO. SH selaku Ketua DPC Demokrat Banyuwangi tunjukkan surat undangan Musrenbangdes dari Kades Gumirih.

Sementara Michael Edy Hariyanto, SH Ketua DPC Demokrat dikonfirmasi terpisah oleh beberapa media di kantornya menerangkan.

” Harusnya diapresisasi dan didukung Kepala Desa Gumirih Pak Mura’i punya terobosan merangkul Tokoh Partai membahas kepentingan rakyat. Supaya Tokoh Partai dan anggota DPR tahu aspirasi dan keinginan masyarakat Desa Gumirih. Atau bisa memberi saran dan masukan kepada masyarakat baik pemahaman tentang politik atau tentang program – program Partai. Kalau saya hadir pakai baju Partai, ini undangannya kepada Ketua Partai. Jadi saya hadir selaku Ketua Partai, kalau saya diundang atas nama Pengusaha saya pasti pakai baju Pengusaha “.

Lanjut Michael, ” Yang jelas saya tidak kampanye, tidak ajak – ajak supaya dukung saya atau milih Demokrat. Yang saya sampaikan adalah memberikan pendidikan dan pemahaman tentang politik kepada masyarakat peserta Musren. Di undangannya jelas tertulis saya hadiri acara Musrengbandes bukan dalam rangka kampanye, lalu yang salah yang mana. Ya silahkan kalau masalah ini dipolitisir dan mau dilaporkan atau mau dihearing itu hak mereka, biar semuanya jelas dan masyarakat tahu apa yang sebenarnya terjadi. Yang aneh foto saya disebar dimedsos, hanya melihat foto saya pegang mix berpidato, dia tidak hadir dan tidak tahu apa yang saya omongkan kampanye apa tidak. Tapi tidak apa – apa saya berterima kasih dibantu membuat saya semakin dikenal masyarakat. “ klarifikasinya.

Mencari tahu kebenaran ada undangan kepada anggota DPRD se Dapil 2, awak media konfirmasi salah satunya yaitu kepada yang akrab dengan sapaan nama Machrus Fraksi PKB. Machrus membenarkan kalau dirinya diundang namun tidak bisa hadir karena sedang di Jakarta.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi yang kabarnya telah melakukan investigasi dan dimintai informasi hasilnya menjelaskan.

” Hasilnya masih belum ada karena hasil investigasi kita sampaikan pada pimpinan untuk mensikapi itu. Jadi hari Senin insyaallah sudah ada. Kita masih menggali informasi, banyak hal yang perlu kita gali kaitannya dengan kehadiran Pak Michael di situ. Kemudian juga kita gali kaitannya dengan UU Desa dan UU yang lain kita elaborasikan bersama, “ jelasnya (rdy35).

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed