oleh

Kades Palsukan Ijazah Masuk Penjara, Kajari Magetan Segera Limpahkan Ke PN

Magetan Oposisi, – Beredar kabar Kepala desa (Kades) Kuwonharjo, Kecamatan Takeran, Kab. Magetan, telah ditahan dengan dugaan kasus pemalsuan ijazah benar adanya.

Kades berinisial RD (65) tersebut, dijebloskan ke Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIb Magetan, terkait dugaan penggunaan ijasah palsu dalam Pemilihan kepala desa (Pilkades) 2013 lalu.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Magetan, Atang Pujianto, mengatakan, bahwa RD ditahan sejak Selasa (22/1) kemarin.

“Memang benar, tersangka RD tersandung kasus dugaan penggunaan ijasah palsu saat Pilkades 2013 lalu”, kata Kajari usai acara pisah sambut Dandim Magetan, di Pendopo Surya Graha, Jumat (25/1/2019).

Atang menjelaskan, kasus tersebut merupakan limpahan dari Polda Jatim. Saat ini penyidik gabungan Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur akan menjadi Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Segera kita limpahkan ke PN Magetan untuk disidangkan,” jelas Kajari Magetan.

Diberitahukan bahwa, penuntut umum berpendapat ada keadaan yang menimbulkan kekhawatiran bahwa tersangka atau terdakwa akan melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti dan/atau mengulangi tindak pidana serta pasal yang disangkakan memenuhi syarat untuk penahanan.

Maka ditingkat penuntutan, dilakukan penahanan sesuai pasal 21 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana ( KUHAP).

“Tersangka RD, dilakukan penahanan sesuai dengan pasal 21 KUHAP”, pungkas Kajari Magetan. (ren/pra)

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed