oleh

Ketua ARM Laporkan Dugaan Pelanggaran Pemilu Ke Bawaslu & Gakkumdu

-Daerah-176 views

Banyuwangi Oposisi.co.id

Ramai diberita media Mohammad Helmi Rosyadi Ketua Aliansi Rakyat Miskin ( ARM ) melaporkan Kepala Desa Gumirih dan Ketua Partai ke Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Senin 28/01/2019. Laporan dilakukan oleh Helmi lantaran diduga ada Pelanggaran Pemilu pada pelaksanaan Musrenbangdes Gumirih Kamis 24/01/2019 lalu.

Saat dikonfirmasi Mohammad Helmi Rosyadi membenarkan bahwa dirinya telah melaporkan permasalahan tersebut ke Bawaslu. Katanya pelaporan terkait adanya salah satu “Caleg” yang hadir dalam Musrenbangdes yang digelar di Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh yaitu Caleg Partai Demokrat Dapil Banyuwangi 2 ( Kecamatan Kabat, Rogojampi, Blimbingsari, Songgon & Singojuruh) No urut 1. Michael Edy Hariyanto.

” Yang pertama saya Melaporkan Kepala Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi yang diduga melanggar Pasal 282 juncto Pasal 490 Undang-Undang RI No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu”. Terangnya.

Lanjut Helmi bahwa terkait laporan itu Yurisprudensi-nya Suhartono, Kepala Desa Sampang Agung Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto.

Sementara terkait Calon Legeslatif (Caleg) Partai Demokrat Dapil Banyuwangi 2 (Kec. Kabat, Rogojampi, Blimbingsari, Songgon & Singojuruh) No urut 1. Michael Edy Hariyanto. Dilaporkan terkait hadirnya di Musyawarah Perencanaan Desa (Musrenbangdes) & Sinergitas Program SKPD Tahun Anggaran 2020.

” Pada Musrenbandes Michael Edy Hariyanto datang memakai jaket yang ada Lambang Partai Demokrat (beratribut Partai) padahal ia bukanlah anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi “. Tambahnya.

Harap Helmi laporannya segera ditangani dan dan ditindak lanjuti, kalau perlu Bawaslu dan Gakkumdu memprosesnya.

” Kedua orang yang saya laporkan yaitu Mura’i Ahmad Kepala Desa Gumirih Kecamatan Singojuruh dan Caleg Michael Edy Hariyanto bisa diproses, Yurisprudensinya sudah ada yaitu Kepala Desa Sampang Agung Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto”, pungkasnya.

Sebagai perimbangan awak media konfirmasi Michael Edy Hariyanto, SH menanggapi pelaporan oleh Helmi Rosyadi Ketua Aliansi Rakyat Miskin (ARM). Berikut Michael memberikan tanggapannya.

Michael sambil tunjukkan bukti surat undangan dari Kades Gumirih sebagai Ketua Partai

” Saya hadir di acara Musrenbangdes tidak atas kemauan saya sendiri, tapi saya diundang resmi ada bukti surat undangannya. Saya tahu diri dan apa salah saya menghadiri undangan seseorang atau siapapun. Kalau saya pakai baju ada atribut Partai karena saya diundangan tertulis kepada Ketua Partai bukan profesi juga bukan pengusaha, dan dalam undangan juga tidak ditentukan harus pakai baju apa, “ terangnya Senin 28/01/2019.

Karena Helmi menyoal tentang dirinya yang bukan anggota DPR hadir di Musrenbangdes, awak media juga mintai Michael Edy Hariyanto, SH menanggapinya.

” Yang mengaku anggota DPR itu siapa mas, sekali lagi saya diundang selaku Ketua Partai bukan undangan Caleg juga bukan anggota DPR. Dan dalam berita media saya hadir sebagai Caleg itu hendaknya dipertimbangkan, saya tegaskan undangan kepadanya Ketua Partai bukan Caleg. Itu namanya menggiring opini publik agar menyudutkan saya dalam masalah ini. Awal saya datang tadinya tidak duduk di depan, karena undangan yang lain 9 anggota DPR dan Ketua Partai yang lain ditunggu tidak ada datang, saya baru dipersilahkan menempati kursi kosong di depan. Dan tolong dilihat baik – baik tulisan  anggota DPRD II di meja bukan di depan saya, tapi justru tepat di depan unsur TNI yang di sebelah kanan saya. Enggaklah ini jadi semakin aneh, apa karena saya Ketua Partai Demokrat yang hadir lalu dipolitisir, andai ternyata yang hadir bukan saya contoh salah satu dari Ketua Partai yang lain dan disuruh pidato apakah akan diperlakukan sama seperti saya. Dan ingat saksinya banyak di forum waktu itu, pidato saya tidak ada unsur kampanye atau ajakan apapun, saya hanya mengulas tentang politik memberikan pendidikan politik. Mau menjustis itu kampanye atau dianggap pelanggaran Pemilu jangan dilihat bajunya, lihat apa muatan acaranya dengan benar, “ pungkas Michael

Sementara Kades Gumirih Mura’i Ahmad ketika dimintai tanggapan adanya pelaporan atas dirinya oleh Mohammad Helmi Rosyadi, menyampaikan.

Mura’i Ahmad selaku Kepala Desa Gumirih Singojuruh.

Kalau Helmi lapor itu hak mereka, saya gak kenal helmi juga gak pernah bertemu. Bahkan telpone gak pernah. Kita buktikan aja, saya selalu siap menghadapi masalah ini. Jangan Kades dikriminalisasi sebelum memberitakan ya harus tau dulu atau lihat langsung acara Musrenbangdesnya baru beritakan, “ jawab Kades Mura’i Ahmad dengan santainya. (rdy35).

79Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed