oleh

Ketua KPUD Sidoarjo Laporkan Hasil Pemilu 2019

Sidoarjo -beritaoposisi.co.id.

Penyelenggaraan pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019 yang dilaksanakan secara serentak pada 17 April 2019, untuk Kabupaten Sidoarjo tergolong sukses. Kesuksesan ini tidak terlepas karena adanya kerjasama dan koordinasi yang baik.

Untuk itu, pada hari ini KPUD Sidoarjo, selaku penyelenggara Pemilu menyampaikan laporan pelaksanaan hasil pemilu 2019 dan sosialisasi tahapan Pilkada 2020, sekaligus memberikan penghargaan kepada semua elemen yang terlibat dalam pelaksanaan pemilu, pada hari ini , di Pendopo Delta Wibawa.
Penghargaan tersebut diberikan kepada Pemerintah KabupatenSidoarjo, Pimpinan Forkopimda, Bakesbangpol, Dispendukcapil, Dinas Satpol PP dan Bawaslu Kabupaten Sidoarjo, serta Camat Se- Kabupaten Sidoarjo.kamis 19/9/2019.

Ketua KPUD Sidoarjo, Mukhamad Iskak, SE, menjelaskan bahwa pada Pileg 2019 kemarin tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi sama sekali. Sehingga KPUD bisa menetapkan anggota DPRD dan Kursi partai terpilih tepat pada tanggal 22 Juli 2019.
Yang ada gugatan kemarin itu di Pilpres akan tetapi di Mahkamah Konstitusi menganggap gugatan tersebut tidak memenuhi syarat.
Dan untuk jumlah pemilih di Kabupaten Sidoarjo pada Pemilu 2019 lalu sebanyak 1.460.991 pemilih. Jumlah ini termasuk DPT dan pemilih dengan membawa identitas KTP, atau pemilih pindahan dari luar kota.

Tingkat partisipasi masyarakat yang melaksanakan pemilihan sebesar 1.200.703 pemilih, atau sebesar 82,18 %, ini merupakan jumlah partisipasi masyarakat paling besar sepanjang pelaksanaan Pemilu setelah reformasi,”jelas Iskak.

Masih menurut Iskak, rata – rata di masing – masing kecamatan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 kemarin diatas 80 persen, partisipasi terbesar adalah Kecamatan Tarik mencapai 88,16 persen. Sementara Bupati Sidoarjo.

H. Saiful iLah, S.H., M.HUM, bersyukur karena pemilu 2019 kemarin yang dilaksanakan secara serentak berlangsung aman dan damai. Pada hakekatnya ini merupakan hasil kerja keras semua elemen masyarakat dengan pemerintah dan penyelenggara pemilu.

“Kesuksesan ini patut kita apresiasi bersama dan hendaknya dapat dijadikan motivasi bagi penyelenggara pemilu dalam hal ini KPUD kabupaten Sidoarjo untuk dapat mempertahankan kinerja yang baik ini, “ pinta Abah Ipul (sapaan akrab Bupati Sidoarjo).(bag).

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed