oleh

KOMISI 11 DPR-RI , MISBAKHUM HADIRI SEDEKAH BUMI , DESA TAMBAKSARI

Pagelaran Wayangan Kulit Semalam Suntuk Sekar Budaya dari Kota Blitar.

Pasuruan Oposisi . CO.ID –Selamatan Desa (Sedekah Bumi) merupakan budaya turun temurun masyarakat Desa Tambaksari, Tradisi yang rutin dilaksanakan setiap tahun tersebut digelar pada Minggu, 07/10/2018 di Halaman Balai Desa Tambaksari, KecamatanPurwodadi, Kabupaten Pasuruan.

Acara yang diawali dengan pawai ancak oleh masyarakat Tambaksari tersebut disertai hiburan musik Campursari yang di tutup dengan Pagelaran Wayangan Kulit Sekar Budaya dari Kota Blitar.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Tambaksari Jatmiko, Muspika Kecamatan Purwodadi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta dihadiri DPRD-DPRRI komisi 11 dari Fraksi Golkar Misbakhun, yang sekaligus sebagai penyumbang Pagelaran Wayang Kulit Serta Seni Ludruk yang akan berlangsung Selasa, 09/10/2018 mendatang.

Drs. H. Wardoyo, selaku Camat Purwodadi dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat serta mengungkapkan perihal kegiatan tersebut yang merupakan tanggung jawab bersama sebagai penerus, anak cucu dari para leluhur. “Acara ini adalah tanggung jawab kita bersama sebagai penerus, anak cucu para leluhur kita semua,” Ujar Wardoyo.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Jatmiko, selaku Kepala Desa Tambaksari, yang mana dalam kegiatan sedekah bumi yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun tersebut masyarakat dirasa mampu menjaga keharmonisan bertetangga dan menjaga kekompakan dan kerukunan.

“Atas nama Pemerintah Desa saya mengucapkan banyak terimakasih, dimana kegiatan suro (selamatan desa) di Tambaksari dapat terlaksana dengan lancar, harapan saya supaya masyarakat tetap menjaga keharmonisan yang sudah terjaga selama ini,” Ujarnya.

“Tingkat partisipasi dan kekompakan sudah di tunjukkan oleh masyarakat, bahkan diacungi jempol oleh Ketua Komisi 11 DPRD-DPRI. Dan ditahun depan akan kita konsep lebih meriah lagi dan seterusnya akan seperti ini,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Kasdi, Ketua Panitia Pelaksana. “Alhamdulillah, atas partisipasi dari masyarakat dewasa dan anak-anak yang secara bersama-sama secara meriah dapat melaksanakan kegiatan bersih desa dengan tertib. Saya berharap Desa Tambaksari dapat mewujudkan suatu desa wisata religi sesuai dengan yang kita harapkan,” Pungkasnya.

Acara syukuran sedekah bumi yang hampir dilakukan seluruh warga masyarakat se-Kecamatan Purwodadi dalam setiap tahun ini diharapkan dapat dilestarikan, karna budaya itu merupakan muatan lokal kekayaan khasanah budaya kita. (Pi/Sol)

14Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed