oleh

Kompol Endah Susilowati : “Satpam Mitra Polisi Jadi Harus Punya Etika Profesionalisme Yang Baik

Jakarta Oposisi, – Diklat satpam 2018 yang diselenggarakan oleh PT. Delta Tekno Perkasa dan PT. Primayasa Purisakti ( Erho Security ) di Gedung Ventura, Cilandak, Jakarta Selatan. Perusahaan HR service dimana perusahaan tersebut bergerak dalam bidang Jasa Pelatihan satpam dan penyediaan Tenaga Pengamanan Lokal Jasa Penyediaan Tenaga Kerja Lokal, Jasa Pelatihan Tenaga Kerja Pengelolaan Parkir.

Agenda Diklat yang diikuti oleh 110 orang satpam diantaranya dari Pamdal (Pengamanan Dalam,red) Dinas Kehutanan DKI Jakarta mengirimkan personelnya turut dalam Diklat Garda Pratama 2018.

Dalam kesempatan tersebut, Kompol Endah Susilowati, Kasi Binlat Satpam Dit Binmas Polda Metro Jaya saat menjadi pembimbing ada beberapa item yang disampaikan diantaranya TURJAWALI (Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, Patroli,red) satpam, dan Etika Profesi Satpam.

Kompol Endah Susilowati, Kasi Binlat Satpam Dit Binmas Polda Metro Jaya

Dalam kesempatan tersebut Kompol Endah Susilowati mengatakan,”Definisi Etika Profesi Satpam itu adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral. Profesi adalah bidang pekerjaan yg dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan, dsb) tertentu. Profesi Satpam adalah profesi yang menuntut moral kepribadian yang baik, dengan memiliki moral kepribadian yang baik, maka kepercayaan pengguna (Klien) dapat diraih.

Jadi yang dimaksud dengan Etika Profesi Satpam adalah Ilmu mengenai kewajiban moral yang harus dilakukan oleh seorang Anggota Satpam. Kewajiban moral ini memiliki penuntun yang tercantum di dalam Prinsip Prinsip Penuntun Satpam, “ ujarnya dihadapan 110 satpam, pada Ahad (21/10/2018).

Lanjut Endah bahwa, “Tugas Pokok satpam adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban dilingkungan kerja. Untuk bisa menjaga dan mengamankan asset milik orang lain dibutuhkan kepercayaan dari pengguna, kepercayaan harus didapatkan dan diraih. Sebagaimana profesi yang lain, profesi satpam juga dituntut akan profesionalisme kerja dan kompetensi dalam bekerja. Hal tersebut akan membuat anda lebih dihargai dan akan terus dipakai oleh perusahaan tempat anda bekerja. Dalam rangka menuju peningkatan profesionalisme dan kompetensi, anda harus memegang teguh kode etik dalam bekerja sebagai satpam,” tegasnya.

Berikut ini adalah kode etik satpam yang perlu perhatikan :
1. Kesetiaan (Loyalty)
Terhadap perusahaan, pekerjaan, atasan dan pegawai harus memiliki kesetiaan yang tinggi. Oleh karena memberikan perhatian kepada setiap orang tanpa terkecuali sehingga tidak adanya perbedaan.

2. Memberikan teladan yang baik (Exemplary Conduct)
Melaksanakan tugas yang menerapkan peraturan terhadap apa yang akan lindungi, oleh karena itu adanya suatu bentuk contoh dan teladan dalam melaksanakan peraturan yang terapkan sehingga orang akan turut mematuhi peraturan tersebut.

3. Keselamatan dan Keamanan (Safety and Security)
Suatu perasaan aman yang diberikan oleh satpam kepada perusahaan maupun orang-orang didalamnya. Oleh karena itu dengan meyakinkan bahwa dengan adnya rasa aman maka dapat anda mengamankan segala aset, orang-orang dan kegiatan lainnya, sehingga keselamatan dan keamanan terjamin.

4. Kejujuran (Honesty)
Sifat dasar yang harus yaitu kejujuran. Dengan memiliki sifat kejujuran maka dapat dipercaya oleh perusahaan untuk menjalankan setiap tugas tanpa ada perasaan khawatir dari atasan anda serta orang-orang di dalamnya.

5. Disiplin (Self Discipline)
Kedisiplinan merupakan hal yang wajib saat bertugas sebagai seorang satpam. Dengan adanya suatu kedisiplinan dalam menjalankan tugas, sehingga tugas yang dikerjakan akan menjadi baik dan meminimalisasi kesalahan yang akan terjadi saat melaksanakan tugas.

6. Keadilan tanpa prasangka (Prejudice)
Dalam bertugas harus tetap adanya suatu kewaspadaan, akan tetapi perlakuan kewaspadaan kepada setiap orang tanpa menandang srtata dan status dari orang tersebut. Hal ini akan membuat orang tidak merasa diperlakukan tidak adil.

7. Waspada dalam melaksanakan Tugas
Tidak ada seorangpun yang tahu, kapan kejahatan/kecelakaan/musibah akan menimpa kita, yang bisa kita lakukan adalah selalu bersikap waspada. Yang dimaksud dengan sikap waspada adalah sikap siap sedia, siaga, teliti, berhati-hati, berjaga-jaga dan lawannya adalah sifat lalai.

Diakhir pemaparanya, Kompol Endah menegaskan,”Kalian semua harus ingat, Satpam itu anak kandung Polri. Maka kalian semua harus tetap menjaga nama baik citra Polri. Jangan bersikap semena-mena. Jalankan tugas sesuai tupoksi masing-masing, “ pungkas asli Putri Wonogiri, Jawa Tengah ini.

HRS/Red

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed