oleh

Korsda Glenmore Mentahkan Rekomendasinya, Pada LSM Untuk Kelola Tanah Stren Pengairan

-Daerah-71 views

BANYUWANGI, Oposisi.co.id

Beberapa waktu lalu santer berita tentang sitegang Para Manager di PTPN XII yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Perkebunan ( GPP ). Dengan salah satu LSM sehubungan dengan permintaan LSM tersebut mau kelola lahan HGU dan Tanah Stren Pengairan untuk penghijauan.

Rumor yang berkembang LSM tersebut semula mendapatkan rekomendasi dari Korsda Pengairan Wilayah Glenmore. Dipandang ada sesuatu yang janggal keluarnya rekomendasi oleh Korsda Glenmore kepada LSM tersebut. Ketua GPP Sudjarwo, SP juga para Manager PTPN XII bereaksi dan menolak program penghijauan oleh LSM tersebut. Pantauan media pada 27 November 2018 ada surat susulan yang dikeluarkan oleh Korsda Glenmore yang kepadanya salah satu LSM.

Sekilas terkutip beberapa kalimat isi surat dariĀ  Korsda Glenmore kepada LSM tersebut, menyatakan bahwa rekomendasi yang pernah diberikan kepada LSM tersebut tidak bisa dijalankan. Adapun alasannya adalah karena kewenangan memberikan rekomendasi terkait sempadan bukan kewenangannya.

Lebih lanjut untuk kejelasan terkait surat tersebut, awak media konfimasi Korsda Glenmore Dwi Prono Riadi. Pertanyakan apakah surat dimaksud dikeluarkan setelah koordinasi dengan Dinas ? Dijawab singkat oleh Dwi Prono Riadi, “enggeh ( iya )”. Melangkapi jawaban Korsda Glenmore yang super singkat itu, media konfirmasi Sekdin PU Pengairan Banyuwangi yang akrab dengan sapaan nama Reza. Darinya diperoleh keterangan yang intinya menegaskan alasan surat Korsda Glenmore.

“Untuk rekomendasi sempadan dari dinas mas , “ katanya via WhatsAppnya Jumat 30/11/2018.

Sementara Ketua Gabungan Pengusaha Perkebunan (GPP) PTPN XII Sudjarwo, SP ketika dimintai tanggapan terkait surat teresebut mengatakan.

SANURI: Meneger PTPN XII Kebun Malangsari Kalibaru Banyuwangi

“Sesuai surat dari Korsda Glenmore sudah jelas serta menyadari bahwa apabila stren yang ada di dalam HGU dikelola oleh Pengairan langsung akan timbul tumpang tindih pengelolaan, dan besar kemungkinan timbulnya konflik horisontal. Tetapi pihak kami harus tetap menjaga kelestarian aliran sungai dengan tanaman kurang ekonomis tapi mempunyai fungsi pencegahan erosi serta kuat dalam menyimpan air tanah ( trembesi dan tanaman tinggi lainnya). Kami menyampaikan terima kasih kepada Korsda Glenmore yang telah sama-sama menyadari hal daerah stren yang selama ini menjadi polemik dan kedepan mari kita menjaga dan melestarikan lingkungan kita dengan saling mengingatkan dan saling menghargai serta komunikasi yang lebih baik sesama instansi,” ungkap Sudjarwo, SP Ketua GPP.

Melengkapi keterangan Ketua GPP, Manager Kebun Malangsari Sanuri, dengan pertanyaan yang sama memberikan tanggapannya.


“Menggaris bawahi apa yang disampaikan Ketua GPP tadi, kami pun berterima kasih atas kebijakan Korsda Glenmore yang tentunya itu sudah hasil koordinasi juga atas petunujuk Dinas. Namun perlu kami sampaikan juga di sini, bahwa selama kami para Manager yakin bahwa apa yang kami jalankan tidak merugikan masyarakat, lingkungan, dan Perusahaan juga tidak menabrak aturan yang sudah ada. Maka upaya apapun demi menjaga kemanfaatan HGU adalah harga mati, dan kami para Manager juga keluarga besar Perkebunan PTPN XII satu suara, kompak menghadapi permasalahan sekecil apapun. Namun kami juga sangat hormat dan sangat menghargai ide – ide, saran, kritik baik dari dalam maupun luar kebun selama punya manfaat baik bagi kita bersama. Monggo kami sangat welcome kalau untuk kebaikan bersama, “ ujarnya dengan ciri khas mimiknya yang santai dan sederhana itu. (rdy35).

8Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed