oleh

Lira Waspadai Kecurangan Sistematis.Pemilu 2019

Berita oposisi.co.id

PROBOLINGGO
Pelaksanaan pilpres dan pilek 2019 terkesan kurang profesional yang dilakukan oleh Bawaslu dan KPU, di Semua Lini sampai tingkat PPS, salah satunya yang terjadi di Kabupaten Probolinggo di saat hari tenang menjelang H – 1 LSM Lira selaku pemantau pada pemilu tersebut banyak menemukan dugaan-dugaan kejanggalan yang memang sudah dilarang oleh aturan Pemilu.

Menurut Bupati Lira Samsudin SH. saat di konfirmasi Wartawan terkait pelaksaan pilres dan pileg saat ini penyelenggara itu terkesan kemudian membiarkan potensi-potensi penyimpangan itu dilakukan oleh kontestan peserta pemilu.
Jadi di hari tenang sehari menjelang pencoblosan kami melakukan pemantauan ke beberapa tempat di wilayah Kabupaten Probolinggo dan kita banyak menjumpai beberapa hal yang janggal selain beberapa temuan kami sebelumnya yang memang itu dikumpulkan oleh beberapa rekan rekan relawan pemantau Lira.

Sementara ini kemudian berkesimpulan bahwa Pemilu kali ini H. – 1 ini berkesimpulan bahwa Pemilu ini akan berjalan dengan Aman damai tertib tetapi yang kemudian menjadi Tata catatan bagi kami ada banyak temuan yang kemudian itu seolah-olah temuan itu ada pembiaran oleh Panwas Kecamatan Panwas Desa Panwas Kabupaten ini saya bingung saja melihat keadaan ini karena relawan-relawan Lira yang tidak sepeser pun mendapat anggaran dari negara itu mereka bekerja tetapi para penyelenggara ini yang jelas-jelas semua ada anggarannya itu kemudian ke mana ini ?.

Dengan banyaknya temuan ini kita melihat beberapa temuan yang harus di koreksi buat kawan-kawan KPU temuan-temuan bahwa adanya TPS yang tidak layak baik itu dari sisi lokasi atau pun kemudian kondisinya, masak ada TPS seperti kandang ayam sementara anggaran untuk penyelenggaraan pemilu yang disediakan oleh negara ini tidak sedikit kemudian penggunaan fasilitas publik dan fasilitas pendidikan misalkan di ruang kelas memang tidak dilarang oleh undang-undang tetapi kemudian setting di luar ruang kelas yang itu kemudian menyulitkan para pemantau untuk melakukan pemantauannya itu diduga bahwa itu akan mudah dilakukan kecurangan kecurangan disitu.

Sementara temuan-temuan yang begitu banyaknya seolah-olah ini dibiarkan oleh Panwas kami akan membawa persoalan ini ke DKPP, kami sangat menyayangkan negara mengeluarkan sedemikian besar anggaran untuk kemudian penyelenggaraan pemilu yang berkualitas.

Tetapi apakah ini kemudian disebabkan karena penyelenggaraannya yang tidak berkompeten atau penyelenggara yang setengah hati karena negara sudah cukup menyediakan anggaran yang begitu besar regulasi yang cukup untuk penyelenggaraan pemilu yang baik sementara kemudian penyelenggaraannya Setengah Hati dan tidak berkompeten mana bisa diharapkan kemudian penyelenggaraan pemilu ini dan kita menemukan ada banyak kontestan peserta pemilu yang melakukan kecurangan kecurangan tetapi ada sedikit harapan.

ketika kemudian penyelenggaranya berkompeten dan melakukan tugasnya dengan baik kami memastikan bahwa dari hasil pantauan kami bahwa penyelenggaraan pemilu hal ini akan berjalan dengan baik tetapi dengan catatan kualitasnya jauh berada di bawah yang diharapkan maka untuk itu sebagai koreksi Lira akan membawa persoalan ini ke DKPP agar kedepan penyelenggaraan pemilu menjadi lebih baik. Kata Bupati Lira. (red)

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed