oleh

LSM SOMASI Surati Dinas PU Pengairan Terkait Wisata Pemandian Bulu Indah

-Daerah-59 views

BANYUWANGI, Oposisi.co.id

Belum lama ini tempat Wisata Pemandian Bulu Indah Desa Sumberbulu Kecamatan Songgon Banyuwangi. Ramai di pemberitaan media sehuhungan dengan Pengelola diduga melakukan kelalaian. Yang menyebabkan meninggalnya pengunjung anak usia 7 tahun di kolan pemandian yang tersedia.

Kini ada salah satu lembaga yaitu Lembaga Swadaya Masyarakat Solidaritas Masyarakat Translaransi ( LSM SOMASI ). Surati Dinas Pekerjaan Umum ( PU ) Pengairan Banyuwangi, menyoal lokasi Wisata Pemandian Bulu Indah. Lsm Somasi dalam hal ini menyoroti bahwa selain karena diduga Pengelolaan Wisatanya ilegal, juga terkait pemanfaatannya.

Sebagaimana disampaikan oleh Bayu (LSM SOMASI) kepada awak media saat dikonfirmasi. Bahwa pemanfaatan sumber air untuk Wisata Pemandian, mengganggu aliran air yang dibutuhkan Himpunan Petani Pemakai Air ( HIPPA ) dan Himpunan Pemakai Air Minum ( HIPAM ). Penjelasan lebih lanjut secara rinci disebutkan dalam isi surat.

Sekelumit pada bagian akhir surat terkutip kalimat di mana LSM SOMASI meminta Dinas PU Pengairan Banyuwangi bertindak tegas menutup wisata Bulu Indah. Dan berharap pengelolaan sumber air diserahkan kepada HIPPA atau HIPAM, dimaksutkan agar pemanfaatan sumber air benar – benar bermanfaat memenuhi hajat orang banyak.

Pantauan media memang di dasar kolan pemandian wisata Bulu Indah tidak berlantai dan berserakan pipa – pipa saluran air bersih untuk warga. Dan air bersih dari Sumber Bulu selain dimanfaatkan untuk kebutuhan minum, juga untuk mengairi sawah pertanian dengan cakupan meliputi dua Kecamatan.

Saat ditanya terkait kejadian meninggalnya pengunjung di lokasi wisata Pemandian Bulu Indah. Bayu kepada awak media mengaku bahwa persoalan tersebut sudah dilaporkan ke Polres Banyuwangi pada hari Sabtu lalu. (rdy35).

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed