oleh

Mensos Salurkan Bansos Program PKH Dan BPNT 28 Miliar

BERITAOPOSISI.CO.ID , NTT РRibuan warga penerima bantuan di Kabupaten Sikka, NTT menyambut hangat kedatangan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita,  yang didampingi oleh Anggota Komisi XI DPR RI Melchias Marcus Mekeng, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat, dan sejumlah pejabat struktural Kemensos RI lainnya. Selasa, 19/3.

Kunjungan Menteri Sosial guna menyalurkan dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) senilai Rp 28 miliar untuk 17.728 keluarga penerima program keluarga harapan (PKH) dan 19.953 keluarga penerima bantuan pangan non tunai (BPNT).Kegiatan ini berlangsung di Gedung Sikka Convention Center, Maumere.

Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita menerangkan bantuan sosial PKH dan BPNT Tahap I untuk Provinsi NTT Tahun 2019 adalah Rp627 Miliar terdiri dari PKH untuk 376.880 keluarga dan BPNT/Rastra untuk 455.947 keluarga.

” Saya berkeliling ke berbagai daerah untuk memastikan bansos PKH dan BPNT tepat sasaran dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk pemenuhan gizi keluarga dan sekolah anak-anak sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo,” ungkap Mensos Agus Gumiwang.

Dalam kunjungan ini Mensos berdialog dengan masyarakat Kabupaten Sikka dan meninjau beragam produk usaha rumahan yang dikelola ibu-ibu penerima PKH dan BPNT. Selain itu, memantau langsung proses pencairan bantuan oleh ibu-ibu melalui Agen Bank Rakyat Indonesia  sebagai bank penyalur.

“Saya berharap kemandirian penerima manfaat Bansos baik PKH maupun BPNT menyisihkan sebagian dana Bansos untuk membuka usaha rumahan. Misalnya berjualan makanan atau membuat kerajinan tangan khas daerah masing-masing,” Ucapnya.

Kementerian Sosial, lanjutnya, juga menyalurkan bantuan sosial Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk mempercepat kemandirian penerima manfaat.

” Dengan intervensi beberapa bantuan sosial sekaligus, diharapkan kurang dari lima tahun mereka dapat mandiri,” terang Mensos. ( Tra)

2Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed