oleh

MERASA TER-INTERVENSI , 9 PANITIA PILKADES ‘ GEMBOL ‘ BAKAL MUNDUR

-Berita-19 views

SEPUTAR PILKADES 2019

Pasal 21 Permendagri No 65 tahun 2017 Tentang Perubahan atas Permendagri N0.112 tahun 2014 Tentang Pilkades . Calon kepala desa memenuhi persyaratan , salah satunya  no.09 “ tidak pernah dijatuhi hukuman pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 tahun atau lebih , kecuali 5 ( lima ) tahun setelah selesai menjalani pidana penjara dan mengumumkan secara jujur dan terbuka kepada publik bahwa yang bersangkutan pernah dipidana serta bukan sebagai pelaku kejahatan berulang-ulang

BERITAOPOSISI.CO.ID . NGAWI – Pasca Penutupan pendaftaran bakal calon Kepala Desa serentak 178 desa , hari Jum’ at tanggal 02-05-2019 yang di tetapkan pemerintah daerah Ngawi . Panitia penerima pendaftaran Kepala Desa Gembol , Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi yang di ikuti 4 bakal calon kepala desa , 1.Suwardi ( Mantan Kds Gembol )  2. Suwoto ( Perangkat desa Gembol ) 3.Parwi ( Masyarakat ) dan 4. Lancur Handoko ( Mantan Kds Karanganyar ) ,gaduh.

Di duga adanya intervensi Panca.Y , camat Karanganyar yang ditunjukan secara langsung pada Panitia Pilkades karena meloloskan Suwardi , mantan kades Gembol yang telah selesai menjalani hukuman tindak pidana korupsi dengan mendasar surat keterangan catatan Kepolisian Polres Ngawi nomor ; SKCK/YANMAS/2191/IV/YAN.2.3/2019/SATINTELKAM  tanggal 9 April 2019 yang bersangkutan pernah terlibat dalam kegiatan kriminal tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

“ Kenapa Suwardi diloloskan mendaftar , saya di WA/SMS oleh 25 warga ….” tutur camat pada Panitia Pilkades yang di tirukan oleh Setiono Ketua Panitia

Dampak intervensi camat dan di duga adanya ancaman PTUN ke Panitia Pilkades , 9 Panitia Pilkades Gembol yang dibawah kepemimpinan Setiono mantan Sekdes Gembol , Jum’at malam langsung berkordinasi dengan PJ Desa Gembol . Jarwanto untuk menyampaikan niatnya mengundurkan diri dari kepanitian Pilkades Gembol..

Setiono Ketua Panitia Pilkades Gembol pada Beritaoposisi mengatakan , “ Benar kami dari 9 panitia pilkades gembol sudah bulat akan mengundurkan diri dari kepanitiaan pilkades , Penguduran resmi direncanakan hari kerja besok Senin tgl 4/05/2019 “. Sabtu 03/05/2019.

Alasan mundurnya ke 9 Panitia Pilkades Gembol karena adanya intervensi ancaman di PTUN-kannya Panitia Pilkades oleh Masyarakat melalui Camat Karanganyar karena meloloskan Suwardi di kencah Pemilihan Kepala Desa Gembol

Panitia Pilkades yang mayoritas habis melaksanakan tugas pemilihan umum 17 April merasa gusar dengan peryataan camat . “ Dari pada kami berurusan dengan PTUN lebih baik kami sepakat mengundurkan diri , kami rata-rata sudah usia dan sebagian PNS siapa yang akan bertanggung jawab seperti biaya mondar mandir surabaya dan absen ‘ PINJER ‘ untuk yang PNS “.

“ Panitia Pilkades berani menerima pencalonan Suwardi mendasar Permendagri No 65 tahun 2017 pasal 21 romawi 9 selain petujuk dan ijin dari Kadin DPMD Ngawi yang disampaikan Perangkat desa Gembol usai menghadap ke Ngawi , Jika camat atau Panitia yang baru nanti berani membatalkan pencalonan Suwardi terserah “, imbuh Setiono ( ketua panitia ).

Jarwanto ( Pj Desa Gembol ) membenarkan terjadinya perselisihan Panitia Pilkades dan Camat Karanganyar , “ Saya sudah berusaha mereda dan mensuport Panitia Kepala Desa , soal rencana pengunduran Panitia Kepala Desa saya sudah mendengar dan tahu karena memang Ketua Panitia Pilkades menemui saya malam itu , namun lagi-lagi semua itu hak Panitia saya tidak punya hak menentukan dan memaksa “.

Pada Beritaoposisi , Suwardi mengatakan “ Sebenarnya saya sudah tidak teropsesi menjadi Kepala Desa karena desakan dari masyarakat untuk ikut mencalonkan terpaksa saya ikuti , Kalau takut kalah seharusnya jangan rampas hak politik saya mencalonkan kepala desa , dasarnya apa ???? karena saya sudah berterus terang kondisi saya saat mengurus persyaratan di Kepolisian , PN dan tidak ada masalah dengan bukti saya bisa memenuhi syarat pencalonan kades “.

“ Untuk Sementara saya diam dan menunggu penetapan Calon Kades tgl 17/05/2019 . yang penting untuk sekarang ini , saya mereda warga gembol khususnya pendukung , simpatisan saya tidak melakukan hal-hal di luar batas “, Tegas Suwardi.

Langkah apa yang akan diambil jika Pencalonannya di batalkan oleh Panitia , “ Saya tidak beradai-andai ,tunggu saja kepastiannya tanggal 17 /05 nanti “ jawab Suwardi. BB ( Bersambung )

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed