oleh

Meski Dililit Krisis, Venezuela Kirim Bantuan Untuk Korban Gempa Sulteng

” Meski tengah dililit krisis ekonomi, bahkan digambarkan sebagai “negara gagal” oleh media-media barat, Venezuela tetap menunjukkan empati dan solidaritasnya pada korban gempa di Sulawesi Tengah”.

beritaoposisi.co.id, -Kabar baik itu disampaikan oleh Wakil Presiden Venezuela, Delcy Rodriques, Rabu (3/10/2018). Melalui akun twitternya, Delcy mengumumkan rencana pemerintah Venezuela mengirim bantuan solidaritas untuk korban gempa di Indonesia.

“Presiden Nicolas Maduro menyetujui dana solidaritas, bantuan 10 juta dollar AS untuk saudara/i di Indonesia yang selamat dari bencana gempa bumi dan tsunami, yang menyebabkan ribuan orang meninggal dan terluka,” tulisnya.

Venezuela sendiri baru saja dihantam gempa berkekuatan 7,3 skala richter pada Agustus 2018 lalu. Gempa terbesar sejak 1900 itu terasa hingga Ibukota Venezuela, Caracas.

Semangat solidaritas ditunjukkan Venezuela sejak mengalami revolusi Bolivarian di bawah pemerintahan Hugo Chavez. Venezuela banyak bersolidaritas ke berbagai bangsa.

Sejak tahun 2005, Venezuela mengirim berjuta-juta galon minyak ke rumah tangga miskin di Amerika Serikat, yang membutuhkan pemanas saat menghadapi musim dingin.

Saat New Orleans, salah satu kota di AS, dihantam badai Katrina, Chavez mengirim makanan dan air. Tak hanya itu, pemerintahan Chavez juga mengirim ribuan tentara, pemadam kebakaran, dan sukarelawan untuk membantu rakyat di sana.

Tahun 2017 lalu, ketika badai Harvey menghantam daratan Amerika, Venezuela juga mengirim bantuan sebesar 5 juta USD.

Tak hanya ke Amerika, Venezuela juga bersolidaritas ke Afrika hingga Asia. Palestina, negeri yang tengah dicekik agresi militer, sering mendapat solidaritas dari Venezuela. (pra)

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed