oleh

Musrenbangdes Gumirih Undang Tokoh Partai & Anggota DPRD Se Dapil 2

Banyuwangi Oposisi.co.id

Menentukan bagaimana pembangunan di Desa Gumirih Kecamatan Singojuruh Banyuwangi tahun berikutnya. Pemerintah Desa Gumirih undang Tokoh Partai dan Anggota DPRD se Dapil 2 dalam Musrenbangdes Dan Sinergisitas Program SKPD Tahun Anggaran 2020 Kamis 24/01/2019.

Dari beberapa undangan Tokoh Partai dan DPRD se Dapil 2, salah satunya yang bisa hadir adalah hanya Ketua DPC Demokrat Michael Edy Hariyanto, SH. Sementara Tokoh Partai lain dan Anggota DPRD se Dapil 2 tidak ada yang hadir informasinya  berhalangan karena ada tugas ke luar kota. Melengkapi formalnya acara tampak juga kehadiran Camat Singojuruh Mohammad Lutfi, S.Sos.,M.Si, Ketua BPD, unsur Polri /2 Polsek  dan TNI / Koramil Singojuruh.

Kepala Desa Gumirih Mura’i Ahmad, SE dalam sambutannya singgung bahwa semua anggota DPRD di Dapil 2 diundang agar turut hadir di Musrenbangdes. Namun sayangnya kata Kades Gumirih para anggota DPR Dapil 2 berhalangan hadir karena ada tugas di luar kota.

Sehingga menjadi pantas ketika Kades Mura’i Ahmad menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua DPC Demokrat. Yang wakau di tengah kesibukannya berkenan luangkan waktu hadiri undangan bertemu dengan warga Desa Gumirih dalam Musrenbangdes. Sedikit terkutip dalam kata sambutan Kades Gumirih Mura’i Ahmad, SE.

” Membangun desa itu butuh proses..dan semua diatur dengan sistem keuangan sudah tertata pakek sistem Elektronik Village Budgeting ( EVB ). Dan Musren adalah salah satu syarat proses Pembangunan Desa, “ kata Kades Mura’i Ahmad, SE yang juga Ketua ASKAB itu.

Camat Singojuruh Mohammad Lutfi, S.Sos.,M.Si dalam pidatonya lebih kepada penekanan prioritas program.

” Penentuan prioritas harus sesuai dengan kebijakan prioritas Bapak Bupati Banyuwangi utamanya yang wajib adalah pendidikan dan kesehatan . Berikut evaluasi lagi tentang Smart Kampung agar lebih diutamakan, karena menyangkut pelayanan publik, “ kata Camat Lutfi.

Yang berikut Camat Lutfi sebutkan rincian beberapa indaktornya yang diperlukan ada sebanyak 14 item antara lain : 1. Wifi Gratis, 2. Tempat bermain anak, 3. Sudut Baca/Perpustakaan Desa, 4. Sedekah Oksigen/Tanam Pohon, 5. Penjaga Kantor 24 jam, 6. Toilet bersih, 7. Pintu Gerbang Desa, 8. Tim Pemburu Kemiskinan/Honor, 9. Papan Informasi/Keterbukaan, 10. Ruang Laktasi/Menyusui, 11. Lampu Penerangan Kantor, 12. Ramah difabel, 13. Layanan berbasus IT, 14. Pengaduan masyarakat.

Sementara tak kalah menarik perhatian diforum tersebut adalah sambutan Ketua DPC Demokrat Michael Edy Hariyanto, SH. Pada kesempatan tersebut setelah menyampaikan ucapan terima kasih atas undangan Pemerintah Desa Gumirih. Tanpa beban Michael karena memang suasananya tahun politik, mengajak hadirin mesukseskan Pilpres dan Pileg 17 April 2019.

Sekilas Michael selaku Ketua DPC selain mengapresiasi atas terselenggaranya Musrenbangdes. Juga memberikan pemahaman tentang politik serta menghimbau agar jangan main – main dengan politik kalau ingin ada perubahan. Menepis penafsiran negatif, Michael menjelaskan bahwa atas apa yang disampaikannya nanti. Jangan ada anggapan bahwa itu sebuah ajakan agar memilih Partai Demokrat. Dipertegas lagi oleh Michael, bahwa dirinya tidak kampanye, tidak mengajak memilih Partai Demokrat. Namun harus difahami bahwa politik adalah alat mensejahterakan rakyat, silahkan pilih Partai apa saja semua Partai baik.

Michael selalu ketua DPC Demokrat memaparkan tentang pentingnya pendidikan Politik dan fungsi DPR

” Politik adalah alat mensejahtetakan rakyat yang mana kebijakan – kebijakan politik akan menentukan nasib rakyat. Yaitu melalui kursi DPR, dan tugas DPR adalah bagaimana rakyat bisa sejahtera. Kalau masalah pembangunan Kepala Desa mampu membuat programnya. Yang terpenting sekarang adalah program untuk kesejahteraan rakyat. Percuma pembangunan fisiknya maju rumah bagus – bagus, kalau masyarakatnya tidak sejahtera. Artinya kemajuan pembangunan harus dibarengi dengan kemajuan ekonomi yaitu kesejahteraan rakyatnya, “ urai Michael meminta peserta Musren prioritaskan program permberdayaan.

Kemudian kata Michael, makanya program ke depan prioritaskan pada pemberdayaan masyarakat dan bagaimana menggerakkan ekonomi rakyat. Jangan fokus pada bangunan – bangunan saja. Oleh sebab itu kata Michael manfaatkan keberadaan DPR, apalagi Kepala Desa dan Camatnya kreatif juga inovatif.

” Bosnya DPR itu adalah rakyat, DPR itu wakil rakyat bukan pimpinan rakyat. Tugas DPR memikirkan bagaimana Bosnya yaitu rakyat bisa hidup senang bukan sebaliknya. Oleh sebab itu manfaatkan keberadaan anggota DPR yang ada dan kalau bisa mintalah program yang bisa mensejahterakan, jangan hanya bangunan – bangunan saja, ” tegas Michael Ketua DPC dihadapan peserta Musrenbangdes Gumirih. (rdy35).

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed