oleh

Napak Tilas “PRABU TAWANG ALUN” Kembali Digelar 

-Sejarah-15 views

Banyuwangi Oposisi.co.id

Nama Prabu Tawang Alun melegenda bagi masyarakat bumi Blambangan Kabupaten Banyuwangi. Nama yang konon cerita sejarahnya adalah salah satu tokoh perjuangan di masanya itu, kini dikenang jejak kepahlawanannya oleh masyarakat Banyuwangi, Sabtu (05/01/19) .

“Samirin” Kepala Desa Bunder Kecamatan Kabat Banyuwangi mengatakan kepada media bahwa Napak Tilas ini suatu kegiatan positif agar supaya gerasi muda tau sejarah yang ada di Banyuwangi

“Napak Tilas ini sudah yang ke dua kali digelar, karena kegiatan ini sangat positif untuk mengenalkan sejarah tanah Blambangan kepada generasi muda, maka kedepannya kegiatan seperti ini diharapkan menjadi kegiatan rutin tahunan,” ujar Samirin Kades Bunder.

lanjut kata Samirin, “Sebelum prosesi ini diadakan, pada malam harinya di adakan tasyakuran di makam Mbah Jogo Pati, yang tidak lain untuk meminta keselamatan kepada sang Maha pencipta demi terselenggaranya acara tersebut. Dan kemudian keesokan harinya di lanjutkan jalan bersama yang stratnya di mulai dari Desa Bunder menuju patilasan Prabu Tawangalun, kegiatan seperti ini diharap dapat memajukan Budaya dan Wisata yang ada di Kecamatan Kabat,” jelasnya.

Tempat dan waktu yang sama, juga disampaikan oleh Drs. Susanto Wibowo,SH. selaku Camat Kabat Banyuwangi, Dirinya mengatakan,

“kegiatan Napak Tilas tersebut diharapkan mempunyai nilai manfaat besar bagi masyarakat Kabat pada umumnya, sekaligus memberi multi player efek terhadap generasi muda untuk lebih mengenal terhadap sejarah yang ada di daerahnya. Dan perlu di ketahui acara ini tidak hanya warga Kabat saja yang datang, bahkan dari Bali juga datang untuk melakukan pemujaan di Petilasan tersebut ,” ungkap Camat Kabat.

Lanjut kata Camat,.. “Kegiatan ini juga diikuti kurang lebih 150 Mahasiswa diantaranya dari Universitas Air Langga dan Mahasiswa Poliwangi, adapun suksesnya acara ini murni di lakukan oleh kepanitiaan Kepala Desa se Kecamatan Kabat, dan kami berharap mudah mudahan acara di tahun depan lebih sukses dari sekarang”. . imbuhnya

Seusai kegiatan Napak Tilas ini pihak Panitia menyuguhkan hiburan musik dan pembagian berbagai  macam hadiah door price bagi peserta yang beruntung. ( tim/eta ).

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed