oleh

Pangdam IX/Udayana Tinjau Kebakaran Hutan Gunung Batur

Bali Oposisi, – Peristiwa kebakaran terjadi di Hutan Gunung Batur, Kecamatan Kintamani,  Kabupaten Bangli, kebakaran hutan ini terjadi sejak hari Senin (8/10) pagi, kepulan api menyebar di beberapa titik antara lain di kawasan hutan Trunyan, Tabu, Siakin, Datah dan di hutan Songan termasuk juga di  hutan Butus daerah Yeh Mampeh (09/10/18).
 
Terkait dengan peristiwa ini Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P,  ditengah kesibukan pengamanan IMF-WB Annual Meetings 2018 pada Selasa pagi (9/10) langsung mengecek kelokasi kebakaran di lereng Gunung Batur untuk memastikan terjadinya kebakaran dan upaya-upaya yang sudah dilakukan dalam penanggulangan kebakaran tersebut agar jangan sampai merambah kewilayah yang lebih luas lagi ataupun meluas ke daerah pemukiman penduduk.
Pengecekan gunung Batur yang terbakar
 
Pada pukul 08.00 wita Pangdam tiba di Wantilan Pura Tamansari Banjar Yeh Mampeh, Desa Batur Selatan langsung  menerima laporan dari Dandim 1626/Bangli Letkol Cpn Andy Pranoto, M.Sc, didampingi oleh Kapolres Bangli terkait dengan asal muasal terjadinya kebakaran dan upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh anggota Kodim 1626/Bangli besama dengan anggota Polres Bangli, Dinas Kehutanan, Polisi Kehutanan dan masyarakat sekitarnya dibawah pimpinan Dandim dan Kapolres Bangli.
 
Selanjutnya Pangdam memberikan arahan kepada seluruh personel dan instansi terkait serta masyarakat yang terlibat dalam upaya pemadaman api, agar semuanya dapat mengendalikan situasi, jangan sampai api menjadi liar sehingga bisa merembet ke tempat lain yang lebih luas lagi, hal ini memang agak mengkhawatirkan karena bertepatan dengan pelakksanaan event IMF-WB yang agenda kegiatannya juga ada ke wilayah Kintamani, Bangli.
 
Begitu juga agar peristiwa kebakaran ini tidak menjadi berita liar yang bisa mengganggu pelaksanaan kegiatan IMF-WB Annual Meetings 2018 yang di gelar di Nusa Dua. “Saya datang kesini adalah untuk mengecek dan memastikan situasi dan kejadian yang sebenarnya, saya ucapkan terimakasih atas upaya dan kerja keras kalian untuk dapat mengendalikan kebakaran sehingga api tidak smapai meluas ke area pemukiman penduduk”, demikian ujar Pangdam.
 
Selanjutnya Tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD dan Masyarakat yang berjumlah sekitar 300 orang kembali diterjunkan ke lapangan untuk mematikan asap yang masih ada di beberapa titik agar tidak menyulut terjadinya kebakaran lagi.
 
Para pejabat yang mendampingi Pangdam antara lain, Danrem 163/Wira Satya, Aster Kasdam IX/Udayana, Kasmin Pangdam, Dandim 1626/Bangli, Kapolres Bangli, Kasiter Korem 163/Wira Satya, Danramil 1626-04/Kintamani dan Kapolsek Kintamani serta Kapala RPH Bali Timur. (Pendam IX/Udayana/anis)
0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed