oleh

Pelaksanaan Festival Gandrung Sewu 2018 Banyuwangi, Wao…

-Budaya-45 views

Banyuwangi Oposisi.co.id

Festival ” GANDRUNG SEWU “ yang sempat ada dipermasalahkan akhirnya terlaksana juga. Kegiatan Adat budaya kebanggaan Banyuwangi itu yang angkat tema “LAYAR KUMENDUNG” berlangsung ramai dan sedot perhatian publik yang luar biasa sekali.

Festival Gandrung sewu kali ini dihadiri oleh Menteri Pariwisata Ir. H. Arif yahya MSi beserta istri, Pejabat Pendamping dari Kementrian Pariwisata Indonesia. Tampak juga Wakil Gurbernur Jatim Drs. Saipullah Yusuf beserta istri. Selaku tuan rumah Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas MSi beserta istri, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiatmoko S.Sos. bersama istri, Ketua dan wakil ketua DPRD Banyuwangi, dan Sekertaris Daerah Kabupaten Banyuwangi.

Begitu juga segenap jajaran Forum Kordinasi Pimpinan Daerah ( Forkopinda ) Banyuwangi. Dan para tamu undangan istimewa, seperti Rusmaya Hadi selaku Anggota Dewan Gubernur BI, Kepala perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Kepala Perwakilan BI Jember, Tokoh yang  menginspirasi Prof. Renard Kasali, BSC Komisaris Utama PT. Angkasa Pura Dua, Direktur utama Bank Jatim Raden Suroso, Direktur managemet resiko Bank Jatim Risana Mirda, Pemimpin Devisi Perencanaan Strategis dan management kinerja Bank Jatim Revi Adiana Silawati.

Tamu istimewa dari luar Banyuwangi bahkan luar pulau juga hadir Bupati dan wakil Bupati Gresik, Bupati Belitung Timur Yuslih Isha Mahendra. Dari Jember Kepala Bakorwil V Jember, Kepala OJK Jember, Presiden Direktur CMB Niaga dan jajaranya. Takn ketinggalan hadir juga dari Pelindo Properti Indonesia, Mantan Kapolri Periode 1998-2000 Jendral polisi Purnawirawan Rusman Hadi bersama istri, Irjenpol Rahmad Muliana, Deni Malik Koriografer Asian Game 2018, beserta orang orang penting lainya.

Pada kesempatan yuang luar biasa itu Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas, atas nama Pemerintah Daerah. Menyampaikan kepada para tamu hadirin bahwa Banyuwangi terus berbenah. Dijelaskan pula bahwa Ivent Gandeung Sewu itu adalah bagian dari 77 Ivent Festival yang digelar oleh rakyat Banyuwangi. Ivent rata rata dikerjakan tanpa Ivent Organiser Porfinal, dikerjakan oleh PNS dan rakyat Banyuwangi.

” Saya ingin menyampaikan terimakasih atas dukungan kepada para budayawan, teman teman Wartawan cetak dan elektronik, para staf pemerintah Banyuwangi melalui Dinas Pariwisata, Sekda dan seluruhnya yang telah bahu – membahu mengerjakan dan mensukseskan kegiatan festival – festival di Banyuwangi termasuk Gandrung sewu ini, ” lontarnya.

Bupati Anas menyampaikan harapannya, Banyuwangi boleh maju, terus berkembang, tetapi Kebudayaan Banyuwangi tidak boleh terpinggirkan ditengah kemajuan kemajuan yang insyaallah akan dicapai oleh Banyuwangi. Alun alun Banyuwangi selama 7 tahun dan tempat tempat terhormat, maka masih belum diijinkan untuk ivent – ivent yang lain tampil, selain Budaya lokal Banyuwangi.

” Kami atas nama Pemerintah Daerah sangat berterimakasih kepada seluruh orang tua dan anak anaknya yang akan tampil dengan secara swadaya. Rela berpartisipasi demi kebudayaan Banyuwangi, tanpa subsidi yang signifikan mereka mau membeli baju, mau swadaya, ” ucapan terima kasih Bupati Anas kepada warganya.

Sementara Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. Syaifullah Yusuf yang akrab dengan panggilan Gus Ipul. Dalam kutipan sambutannya mengaku bangga kepada Bupati Banyuwangi, karena dulu selama 10 tahun yang lalu biasa – biasa saja namun sekarang menjadi sangat luar biasa. Dulu Banyuwangi terkenal sebagai tempat tukang santet, sekarang menjadi tempat Destinasi Wisata terbaik dunia.

” Pemerintah Provinsi bangga luar biasa karena Banyuwangi menjadi inspirasi bagi Kabupaten – Kabupaten lainya di Indonesia. Masyarakatnya juga luar biasa dalam berpartisipasi dan mendukung Bupatinya demi memajukan Banyuwangi. Inilah wujud suatu kekuatan bagi Kabupaten Banyuwangi, ” kata Gus Ipul.

Kemudian dari Menteri Pariwisata Ir. H. Arif yahya MSi, menyapaikan ucapkan selamat untuk Festival Gandrung Sewu. Karena menurutnya Gandrung Sewu menjadi trending topik nasional. Ucapan selamat juga disampaikan bahwa Festival Gandrung Sewu 2018. Telah masuk kalender Of Ivent Nasional Top 100. Dan Banyuwangi adalah Kabupaten yang paling banyak menyumbang Top 100 Nasional. Ada tiga ivent dari banyuwangi yang masuk Top 100 Nasional yaitu Festival gandrung sewu Tour de Ijen dan yang  masuk Top Tent Nasional yaitu BEC.

” Mengapa Gandrung Sewu masuk Top 100 Nasional..?, ada tiga hal adalah karena kolosalnya, konfigurasinya bagus, dan gandrung sewu yang paling kamera jenik, paling indah, ” tegasnya. (tim).


Sumber :Live FB Pemerintah Banyuwangi

6Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed