oleh

Pembebasan Lahan LIK 2 di Magetan Berujung Masalah

Beritaoposisi.co.id Magetan – Pencemaran Limbah Industri Kulit (LIK) di Kabupaten Magetan, masih belum mendapatkan solusinya. Ditambah dengan munculnya LIK 2 yang direncanakan di Kecamatan Ngariboyo, Kab. Magetan, justru menjadi masalah.

Terlihat dari proses pembebasan lahan yang dilakukan oleh PT Indo Global Carbon, manuai reaksi protes dari warga, khususnya warga Desa Banjarejo, Kec. Ngariboyo. Apalagi pada awal bulan kemarin, para pelaku home industri penyamak kulit terus membuang limbah berwarna putih pekat ke sungai dan diduga limbah berwarna puti pekat dan bau menyengat tersebut juga mengandung racun.

Dari pantauan Oposisi, bahwa proses pembesan lahan sudah dilakukan PT. Indo Global Carbon, sebesar 20 persen dari harga kesepakatan. Namun hingga sampai kurang lebih 7 bulan, pihak pemilik lahan belum ada pelunasan dari perusahaan tersebut.

“Pembayaran baru 20% mas, masih kurang 80% lagi. PT berjanji 1,5 bulan dari pencairan pertama, akan dilunasi, tapi hingga 7 bulan belum ada pelunasan”, kata Jumiran, Kepala Desa Banjarejo, Kec. Ngariboyo, Magetan (15/3/2019).

Jumiran mengaku, sudah kelelahan untuk mengurusi kemauan warga, karena dari PT tidak ada kabar kelanjutannya. “Sekarang pihak PT sudah sulit dihubungi”, terangnya kepada Oposisi.

Disisi lain, Kepala Desa sudah lapor ke Pemkab Magetan untuk membantu terkait masalah tersebut. Dan pihaknya juga sudah menyurati Bupati Magetan Suprawoto untuk audiens bersama warga, tapi sampai saat ini belum ada tanggapan.

“Saya sudah lapor ke Pemkab, justru warga juga meminta kirim surat ke Pak Bupati untuk melakukan audiens, tapi tidak ada jawabannya”, tandasnya.

Sementara, hingga berita ini diturunkan, pihak Pemdes bersama masyarakat Desa Banjarejo sudah pasrah atas sengketa tanah pembebasan lahan yang berada diwilayahnya. “Saat ini saya sudah pasrah mas, warga pun juga sudah malas untuk memikirkan hal itu. Mau dilunasi ya silahkan, nggak pun malah kebetulan”, pungkasnya. (ren/pra)

 

#limbah magetan

#PT Indo Global Carbon

#bupati magetan

#desa Banjarejo 

#kades jumiran

4Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed