oleh

Pemdes Gendoh Realisasikan Pembangunan Anut Prinsif Pemerataan & Berkeadilan

Banyuwangi Oposisi.co.id

Sebagaimana dilakukan Desa – Desa yang lain, Pemerintah Desa Gendoh Kec. Sempu Kab. Banyuwangi. Kamis 31/01/2019 gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ( Musrenbangdes ) untuk Tahun Anggaran 2020.

Dihadirkan dalam Musrenbangdes Gendoh kali ini semua unsur tokoh masyarakat berkompeten, BPD, LPMD, Bhabinkatibmas, Babinsa, Camat Sempu, dan Anggota DPRD Provinsi dari Fraksi PKS. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alqur’an dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Panitia Penyelenggara Sekdes Gendoh Amir dalam sambutannya, selaku Panitia menyampaikan penghormatan dan menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para undangan.

Sementara Kepala Desa Gendoh Ahmad Faizin selaku yang punya hajat setelah berikan salam hormat kepada hadirin. Berikut disampaikan kepada peserta Musren, bahwa Musyawarah tahunan tersebut jangan hanya jadi kegiatan seremonial saja. Karena kata Kades, hasil Musyawarah itulah yang akan jadi dasar kegiatan pembangunan di Desa setiap tahunnya.

Memberikan paparan tentang capaian atau hasil kinerja Pembangunan di Desanya pada Tahun Anggaran sebelumnya. Dalam hal ini secara rinci Kades Ahmad Faizin memaparkannya. Salah satunya disebutkan bahwa realisasi pembangunan di Desa Gendoh sebelumnya berkat kerjasama tim yang baik bisa mencapai 99 %. Diakui ada pengerjaan yang belum 100 % terselesaikan karena faktor cuaca sehingga harus disilvakan.

Sekilas terkutip pemyampaian Kades Ahmad Faizin yang cukup menarik yaitu, ” Kami Pemerintah Desa Alhamdulillah selama ini merealisasikan Pembangunan menggunakan prinsif Pemerataan dan Berkeadilan, “ ungkapnya.

Irwan Setiyawan, SIP Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Fraksi PKS yang sengaja diundanghadirkan oleh Pemdes Gendoh. Pada kesempatan tersebut juga diberi kesempatan untuk memberikan sambutan oleh Panitia. Ucapan terima kasih terlontar dari Irwan Setiyawan atas undangan dari Pemdes Gendoh dalam kapasitasnya selaku anggota DPRD Provinsi.

” Mudah – mudahan merupakan ini satu wujud sinergi antara Pemerintah Desa dengan Pemerintah Provinsi. Program -program pembangunan yang dilaksanakan merupakan program yang berkelanjutan. Di Jawa Timur program pembangunan dalam rangka mewujudkan visi yaitu mmembangun Jawa Timur lebih sejahtera, berkeadilan, mandiri, berdaya saing, dan berahlaq muliya, “ secuplik penyampaian Irwan Setiawan.

Apresiasi terhadap kamajuan pembangunan Banyuwangi, Irwan sedikit singgung soal dulu dirinya mau ke Banyuwangi berjam – jam baru bisa sampai. Sekarang dari Jakarta cukup 1,5 jam sudah tiba di Banyuwangi.

Camat Sempu dalam sambutannya cukup nyantai dan kerap kali buat hadirin tertawa karena candaannya. Namun meski begitu candaannya sengaja dibuat sambil sedikit sentilan kritik bermakna teguran kepada Pemeirntah Desa. Yang menarik didengar ketika Camat mengaku punya program spesial mengatasi masalah sosial.

” Saya sebagai Camat punya program spesial yaitu ” Gentong Seribu ” ( Gerakan Gotong Royong Sedekah Seribu ). Kalau program ” Gentong Seribu ” dijalankan oleh semua Pemerintah Desa. Insyaallah persoalan bantuan untuk rumah, bantuan modal usaha dan sosial yang lain tidak perlu diambilkan dari ADD, “ ujarnya.

Selanjutnya Camat menyampaikan beberapa program yang harus ditindak lanjuti oleh Pemerintah Desa. Ada beberapa item yang disebutnya satu per satu berikut penjelasannya. (rdy35/eta).

7Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed