oleh

Pemdes Singolatren Optimalkan PKT Dalam Pengerjaan Proyek Di Desanya

Berita Oposisi.co.id

Realisasi Dana Desa tahap dua Pemerintah Desa Singolatren Kec. Singojuruh Kab. Banyuwangi ada kegiatan pengerjaan fisik diantaranya rehab lanjutan sebagian gedung Kantor Desa dan pembangunan Fasilitas umum ( Pagar Sumber Mata Air ) di Dusun Wijenan Kidul.

Dalam rangka menjamin transparansi dan tepat guna penggunaan anggaran Pemerintah Desa Singolatren optimalkan Padat Karya Tunai ( PKT ). Kepada awak media Kades Singolatren Apandi menuturkan bahwa Padat Karya Tunai ( PKT ) betul – betul dijalankan dengan baik.

” Pada pengerjaan proyek – proyek desa sebelumnya kami mengutamakan tenaga kerja di sekitar lokasi proyek. Sebelum pelaksanaan Kepala Dusun bersama PK nya mengumpulkan warganya dan menyampaikan secara terbuka dan gamblang. Ini ada bantuan dari pemerintah untuk bangunan ini itu, anggarannya sekian dan untuk ongkos kerjanya sekian. Dan disampaikan pula kalau ada warga yang sedang menganggur atau tidak bekerja, ditawarkan untuk ikut kerja di proyek desa di dusunnya. Kecuali setelah ditawarkan benar – benar tidak ada yang sanggup baru PK cari alternatif lain untuk tenaga kerjanya. Namun itupun masih diupayakan rekrut tenaga kerja dalam lingkup desa kita sendiri hanya beda dusun tidak ujuk – ujuk cari tenaga kerja dari luar desa , “ tuturnya saat ditemui media di Balai Desa Kantornya Jumat 16/8/2019.

Kades Apandi menambahkan bahwa dirinya selaku Pemerintahan Desa bahwa setiap kucuran dana dari Pemerintah harus tepat guna, tepat sasaran, dan memberi manfaat ekonomi kepada masyarakatnya.

Sugiharto Kaurbang Desa Singolatren yang juga selaku Pelaksana Kegiatan ( PK ), menggaris bawahi apa yang disampaikan oleh Kepala Desanya.

” Benar mas kata Pak Kades , kami dalam hal ini ditekankan agar setiap ada pengerjaan proyek desa untuk selalu melibatkan masyarakat. Dan kami pun selaku Pelaksana diminta untuk transparan kepada masyarakat. Karena titik proyek di kantor desa, maka kami rekrut tenaga kerja dari masing dusun biar merata PKT nya mas “, ujar Sugiharto sambung penuturan Kadesnya.

Kebetulan saat pagi itu juga sedang digelar selamatan tasyakuran mengawali pengerjaan rehab gedung kantor desa. Beberapa warga calon pekerja yang hadir dan beberapa Kepala Dusun juga Kaur pun terlebih dahulu ikut dalam prosesi selamatan. (ktb).

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed