oleh

Pemkab Flotim Gelar Serasehan Kebudayaan

-Budaya-16 views

Beritaoposisi.co.id , Flores Timur – Bertujuan memperkuat ekosistem kebudayaan Lamaholot sebagai pondasi pemajuan kebudayaan di masa mendatang, Pemerintah Kabupaten Flores Timur melalui Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Flores Timur, menggelar Serasehan Kebudayaan. Serasehan ini dilaksanakan di Aula Paroki Weri, 13/9/2019, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli, SH.

Dalam sambutanya, Wabup Agus Boli menyebut,  Flores Timur mempunyai keberagaman budaya  Lamaholot yang berpotensi untuk pemajuan kebudayaan di masa mendatang, untuk itu perlu adanya sinergitas generasi sekarang untuk merawat budaya dengan sungguh-sungguh serta melindungi nilai-nilai budaya.

“Butuh komitmen bersama untuk menatanya dengan baik. Konsep berpikir harus kita samakan, sehingga menjadi fondasi yang kuat dan kokoh untuk keberlanjutannya pada masa yang akan datang”, harap Wabup Agus.

Serasehan yang dihadiri oleh narasumber Dr. Restu Gunawan, M.Hum, Direktur Kesenian Kemendikbud, I Made Dharma Suteja, S.S.M.Si, Ketua Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali (BPNP), Wicaksono Adi, Penyair dan penulis esei seni-budaya Nasional dan narasumber lokal, Bernadus Boli ujan, SVD dan Ahmad Betan; merumuskan beberapa hal yang dianggap perlu diajukan kepada pemerintah pusat untuk pemajuan kebudayaan di masa mendatang yakni, perlu ada peningkatan  perhatian pemerintah pusat terhadap pengembangan kebudayaan daerah, pembentukan dewan kebudayaan daerah, Negara harus memisahkan Dirjen Kebudayaan dari Kemendikbud dan membentuk Kementerian Kebudayaan Republik Indonesia, serta beberapa konsep lainnya melalui program pelestarian kebudayaan.

Diharapkan dengan adanya Serasehan ini, sinergitas pemilik budaya, pemerintah serta stakeholder semakin kuat guna pemajuan kebudayaan di masa mendatang. (*Atten)

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed