oleh

PLN BUAT MATI SURI DUNIA USAHA PROBOLINGGO

Probolinggo Oposisi , – Listrik merupakan alat vital dan sebagai penunjang aktifitas warga dan perekonomian. 28/5 masalah padamnya listrik selama dua hari terakhir ini dibeberapa daerah membuat warga geram . Contohnya di daerah leces menurut bapak lukman 45.

“ini PLN mau nya apa sehari padam seperti minum obat aja, giliran telat bayar listrik mau nya main denda saja.” Ungkap salah satu pelanggan PLN yang terganggu usahanya.

 

Wartawan Oposisi saat menemui Manager PLN Rayon Probolinggo

Hal senada juga disampaikan oleh HD 35 usahanya macet selama 2 hari karena listrik padam tanpa alasan yang jelas.

“rugi besar kalo kayak gini apalagi usaha saya di jasa servis elektro, apa ini kita di bodohi padahal warga probolinggo suplay daya listrik terbesar apa gunanya PLN yang ada di paiton itu, jika diteruskan kami warga probolinggo mau demo ke kantor rayon probolinggo jawabnya dengan nada tinggi, seperti beberapa hari lalu, travo di depan BRI rusak akibat tertimpa pohon. Sekarang lagi angin Gending,” tandasnya.

Lebih lanjut Fajar menerangkan, di depan dealer Merpati ada ranting pohon kena angin patah dan menimpa jaringan. Begitu juga jaringan listrik di Randu Putih, Dringu, terjadi hal yang sama. Guna mengantisipasi hal serupa, pihaknya berkeliling memeriksa jaringan dan memangkas pohon atau ranting yang berpotensi mengganggu jaringan.

“Sebagian besar penyebab padam karena pohon dan ranting patah. Kami tiap hari keliling memangkas ranting yang menyentuh jaringan,” jelasnya.

Tentang padamnya lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), Kadishub Sumadi menjelaskan, PJU di jalan Soetta padam karena ada pekerjaan penggalian kabel jaringan PJU. Pekerjaan tersebut mulai dari perbatasan Ketapang hingga perbatasan Kota di Kelurahan Wiroborang.

“PJU sana itu padam, karena ada pekerjaan galian kabel. Mungkin kabelnya ada yang putus, kena galian. Nanti kami beritahukan ke kontraktornya,” tandasnya.

Proyek pemasangan kabel PJU di dalam tanah dilakukan, karena sudah lama tidak pernah dilakukan perbaikan. Sedang sebelumnya pemasangan kabelnya ala kadarnya. Dan lagi ada perbaikan taman, yang aliran listriknya mengambil dari PJU. Karena kabelnya banyak yang rusak, sehingga Pemkot memperbaiki jaringannya.

“Nanti kalau sudah selesai, nyala lagi. Tenang saja, pekerjaan tahap awal dari Ketapang sampai perempatan jalan Brantas, kalau sudah selesai pasti nyala lagi,” tandasnya.

Terkait kejadian tersebut mananger PLN rayon probolinggo fajar rio menerangkan, “ada penyulang yang di daerah sumber, malasan dan bentar kabupaten probolinggo untuk daerah Beberan kota probolinggo karena faktor alam. Angin yang kencang dan menimpa kabel listrik yang berada di daerah beberan” , jelasnya (anis)

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed