oleh

Politeknik Negeri Banyuwangi, Gelar Rapat Terbuka Senat Dalam Rangka Wisuda Ke 9

Banyuwangi Oposisi.co.id , _

Sebanyak 166 peserta wisudawan didampingi oleh orang tua masing masing berada di Ballroom Hotel El Royal Banyuwangi pada Sabtu, 23 Maret 2019.

Mereka hadir mengikuti Rapat Terbuka Senat Poli Teknik Negeri Banyuwangi Dalam Rangka Wisuda Ke 9 Ahli Madya Dan Sarjana Terapan. Diundanghadirkan juga dalam moment penting tersebut unsur Forkopimda Banyuwangi.

Acara penyerahan Ijazah kepada wisudawan

Dari sejumlah 166 peserta wisudawan terdiri dari Wisudawan untuk Diploma 3 Program Studi ( Prodi ) Tenik Informatika, Diploma 4 Program Studi ( Prodi ) Manajemen Bisnis Pariwisata ( MBP ), Diploma 3 Program Studi ( Prodi ) Teknik Sipil, Diploma 4 Program Studi ( Prodi ) Agri Bisnis, Diploma 3 Program Studi ( Prodi ) Teknik Mesin, Diploma 4 Program Studi ( Prodi ) Teknologi Pengolahan Hasil Ternak.

Bumbu penyegar suasana Tim Paduan Suara lantumkan lagu – lagu salah satunya adalah lagu kebesaran Kampus yaitu Hymne Poliwangi. Polesi meriahnya acara tari Jejer Gandrung Kembang Menur disuguhkan.

Sebagaimana acara  acara formal yang dilaksankan oleh institusi pada umumnya, lagu kebangsaan Indonesia Raya kunci membuka gerbang acara dilanjutkan mengheningkan cipta. Usainya Rapat Terbuka Senat Politeknik Negeri Banyuwangi pun dibuka oleh Ketua Senat oleh Wakil Direktur Bidang Akademik. Yang ditandai dengan suara ketok palu pasca pembacaan SK Direktur tentang Wisuda Ahli Madya dan Sarjana Terapan Politeknik Negeri Banyuwangi  Akhirnya prosesi Pelantikan Wisuda Ke 9 Ahli Madya dan Sarjana Terapan Politeknik Negeri Banyuwangi Tahun 2019 pun akhirnya dilaksanakan.

Setelah pembacaan janji Wisudawan, sampailah pada sambutan/pidato Direktur Politeknik Negeri Banyuwangi H. Son Kuswadi, Dr. Eng. Setelah sambutan penghormatan kepada semua hadirin. Diawali dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Banyuwangi.

Yang mana dikatakan bahwa sejak awal mau berdirinya Politeknik Banyuwangi sampai sekarang memberikan dukungan dan dorongan pada Politeknik Banyuwangi. Sekilas terkutip penyampaian Direktur Poliwangi dalam pidatonya,

” Sering saya katakan bahwa Poliwangi ini punya ibu yaitu Pemkab Banyuwangi, Ketua Yayasan dan semua pendiri Yayasan. Dan kita dalam hal ini tidak bisa memilih siapa ibu kita, tetapi yang bisa kita lakukan adalah berbhakti kepada ibu. Demikian juga kami Politeknik Banyuwangi selalu berupaya dalam berbagai kesempatan, seperti satu contoh dalam hal melakukan penelitian dan dalam hal pengabdian kita berusaha bahwa semua daya upaya Politeknik Banyuwangi bisa kita curahkan untuk pengembangan Kabupaten Banyuwangi, ” ujarnya.

Meyakinkan hal tersebut Direktur Son Kuswadi, Dr. Eng menjelaskan bahwa sebagai ilustrasi lulusan dari Politeknik Banyuwangi 50 % lebih mengabdikan dirinya untuk Kabupaten Banyuwangi. Artinya kepada ibu sudah bebhakti, tetapi bhakti juga harus diberikan kepada negara dan bangsa dan terbukti sekitar 30 % lebih alumni Politeknik bekerja secara nasional tersebar di nusantara. Selebihnya lebih detail urai capaian dan profile Politeknik Banyuwangi.

Wisudawan ke 9 “Poliwangi”

Selanjutnya Kepala Dinas pendidikan Banyuwangi Sulihtiono, M.Pd berkenan memberikan sambutan mewakili Bupati Banyuwangi yang pada kesempatan tersebut belum hadir.

Pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya atas nama Bupati Banyuwangi kepada Politeknik yang telah melaksanakan Wisuda Ke 9 bagi Ahli Madya maupun Sarjana Terapan. Diurai pula tentang capaian kerja atau prestasi Pemkab Banyuwangi yang akan diluncurkan salah satunya yang tidak lama lagi akan ada Pabrik Pembuatan Kereta Api. Yang harapannya nanti outpun alumni Politeknik Banyuwangi bisa jadi tenaga kerja trampil di Perusahaan Pembutan Kereta Api tersebut.

Setelah secara panjang lebar penyampaian Kadispendik Sulihtiono akhiri pidatonya dengan menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan wisudawati sembari berpesan.

” Hari ini bukan yang terakhir dari perjuangan anda, tapi justru yang pertama untuk anda pintu untuk berjuang. Perjuangan anda tidak selesai sampai di sini, negara membutuhkan anda semuanya, ” pesannya semangati wisudawan wisudawati.

Sampailah kepada acara selanjutnya yaitu orasi ilmiah disampaikan oleh Prof. Dr. Ismunandar selaku Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Sebelum menyampaikan orasi ilmiahnya, Prof. Ismunandar berikan ucapan selamat kepada wisudawan wisudawati. Selanjutnya sebagai bentuk pemberian penghargaan kepada orang tua para mahasiswa. Wisudawan wisudawati dimohon berdiri balikkan badan menghadap pada orang tuanya dan memberikan aplouse meriah. Namun lantaran pemberian aplouse anak – anaknya terlihat beberapa orang tuanya berlinang air mata.

Prof. Dr. Ismunandar dalam orasi ilmiahnya urai tentang Revolusi Industri yang sekilas terkutip paparannya mengatakan.

Penyematan kepada mahasiswa

” Sering sekali sudah kita sebut bahwa kita ini hidup di era baru yaitu revolusi industri. Revolusi industri pertama itu ketika tenaga manusia digantikan oleh mesin. Sehingga banyak orang protes, ” masak pekerjaan saya mau digantikan oleh mesin “. Namun faktanya kemajuan jaman tidak bisa dilawab. Oleh sebab itu sejarah memberikan pelajaran buat kita bahwa kemajuan jaman jadikanlah kawan tidak bisa dilawan, ” ucapnya.

Meperjelas paparannya Prof. Dr. Ismunandar menjelaskan sebteulnya apa revolusi industri 4 ( empat ) itu. Yaitu banyak hal – hal yang lebih lagi diotomatisasi, digantikan oleh robot, digantikan oleh mesin. Tapi apakah kemudian peran manusia hilang sama sekali ?..dijawabnya ” tidak “. Diharapkan justru orang itu mengerjakan hal – hal yang lebih tinggi tingkatannya dan seterusnya.

Jelang akhir kegiatan Wakil Direktur I Bidang Akademik membacakan Surat Keputusan Direktur Tentang Wisudawan dengan Indeks Prestasi Kumulatif Tertinggi dan Mahasiswa berprestasi Politeknik Negeri Banyuwangi. Yang kemudian berlanjut pada pemberian Piagam Penghargaan kepada Wisudawan dengan Indeks Prestasi Kumulatif Tertinggi oleh Direktur Son Kuswadi, Dr. Eng. Pada prosesi pemberian Piagam Penghargaan Wisudawan didampingi oleh orang tuanya masing – masing.

Adapun Wisudawan yang memperoleh Piagam Penghargaan Peraih IPK tertinggi dari masing – masing prodi diantaranya : Wisudawati dengan Ipk tertinggi Program Studi ( Prodi ) Teknik Informatika A/n Andhika Nur Imamah, Wisudawati dengan Ipk tertinggi Program Studi ( Prodi )Teknik Sipil A/n Ahmad Bisri Nanda Nur Edi, Wisudawan dengan Ipk tertinggi Program Studi ( Prodi ) Teknik Mesin A/n  Miftahul Ulum, Wisudawati dengan Ipk tertinggi Program Studi ( Prodi ) Management Bisnis Pariwisata ( MBP ) A/n Dina Sulistyowati, Wisudawati dengan Ipk tertinggi Program Studi ( Prodi ) Agribisnis A/n Ardina Febriyanti, Wisudawan dengan Ipk tertinggi Program Studi ( Prodi ) Pengolahan Hasil Ternak A/n Ananda Alhamu Tri Pratiwi,

Sementara dua Wisudawan peraih indeks prestasi kumulatif tertinggi jenjang D3 A/n Andhika Nur Imamah, dan Wisudawan peraih indeks prestasi kumulatif tertinggi jenjang D4 A/n Dina Sulistyowati. Sebelum serangkaian acara ditutup ucapan terima kasih disampaukan oleh perwakilan Wisudawan yang kemudian dirangkai dengan pembacaan doa. Dan pada akhirnya Ketua Senat Politeknik Negeri Banyuwangi menutup Rapat Terbuka Senat Politeknik Negeri Banyuwangi dalam rangka Wisuda Ahli Madya dan Sarjana Terapan Tahun 2019 ditandai dengan ketok palu 3 kali. (rdy35/eta)

 

#proses wisudawan

#wisuda poliwangi ke 9

#forkompimda banyuwangi

13Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed