oleh

Problem Pertambangan Galian-C Ilegal di Kab.Probolinggo

Probolinggo Oposisi, – Puluhan hektar lahan pertanian di sejumplah titik di desa Bulujaran Lor menjadi lahan subur Investor yang di duga Ilegal, untuk terus menggerus sumber daya Alam yang tanpa memperhatikan konsekwensi dan mematuhi prosedur UU yang berlaku. (03/01/19).

Salah satu warga desa Bulujaran Lor di hadapan awak media mengatakan, sebut SR nama samaran, “galian-C di desa Bulujaran Lor sudah berjalan ±10 tahun lamanya namun sampai saat ini kegiatan/pertambangan tersebut masih tetap beroperasi padahal kami warga, bersama kepala desa  sudah beberapa kali melayangkan surat ke beberapa instansi”, tegas SR.

Dan SR menunjukan arsip surat kepada awak media yang di sampaikannya pada beberapa Instansi baik Pmkab. Probolinggo melalui SATPOL PP kab. Probolinggo.

Bahkan dirinya mengaku mendatangi POLDA JATIM sendiri, untuk menyampaikan surat tersebut dengan Nomor: 030/LPK-JATIM PROB/V111/2018 namun entah mengapa dan bagaimana sampai saat ini tidak ada kejelasan apakah penggerusan ini statusnya sudah legal atau masih ilegal.

Salah satu surat aduan masyarakat

” Karena surat yang sudah kami sampaikan semua sifatnya adalah klarifikasi seharusnya kami tentunya mendapat jawaban dari instansi tersebut, namun sampai saat ini kami sama sekali tidak ada jawaban apa pun”, imbuh SR

Meskipun kegiatan tersebut tidak menggunakan alat berat namun tingkat kerusakan yang di akibatkan sepertinya tidak jauh beda dengan kegiatan (pertambangan) yang menggunakan alat berat.

kepala desa Bulujaran Lor saat di konfirmasi membenarkan bahwa dirinya memang pernah menandatangani lembaran surat  ber-kops kan LSM yang sifatnya mengklarifikasi yang di dalamnya penuh dengan tanda tangan warganya.

Sebagaimana keterangan kepala desa di hadapan awak media, “tanda tangan itu sifatnya adalah mengetahui karena pada saat itu yang mendatangi saya adalah rakyat saya juga, kan saya sebagai kepala desa tidak boleh memilah dan memihak, kalau benar akan saya amini tetapi kalau tindakannya kurang benar kemungkinan saya selaku kepala desa akan mengingatkannya, tetapi kalau mau membahas mengenai apakah itu pertambangan atau normalisasi silahkan di cek kelapangan, karena kegiatan tersebut sudah ada sebelum saya menjabat sebagai kepala desa.” pungkasnya.

Desa Bulujaran Lor adalah salah satu desa dari dua belas  desa di Kecamatan. Tegalsiwalan kabupaten probolinggo yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani. (Tim)

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed