oleh

PTPN XII Malangsari Rangkul BNI Realisasikan KUR Untuk Petani Kopi Rakyat

-Daerah-64 views

Banyuwangi Oposisi.co.id,

Perkebunan PTPN XII Malangsari berkerjasama dengan PT. BNI (Persero) Tbk. Melalui BUMN Hadir Untuk Negeri. Merealisasikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada petani para Petani Kopi Rakyat binaan Kebun Malangsari.

Sinergitas yang dibangun tersebut guna membantu meringgankan para Petani Kopi dalam hal permodalan. Dengan harapan agar mereka tidak mendapatkan modal dengan cara berhutang pada rentenir yang selama ini gentayangan dimasyarakat. Pasalnya PTPN XII Malangsari tidak menginginkan Petani Kopi Rakyat bisa meningkatkan produksinya dengan modal yang tidak beresiko.

Sebagaimana disampaikan oleh Manager Kebun Malngsari Sanuri, penyaluran dana KUR tahap I sudah berjalan sejak bulan Maret 2018 senilai 3,1 M. Dan pemakaian modal Progran Kemitraan senilai 10,3 M. Total pendanaan untuk Petani Kopi sebesar 13,4 M dan mendapatkan produksi kopi sebanyak 490 ton Kopi pasar.

Kemudian Penyaluran tahap ke II direalisasikan pada bulan Oktober 2018 dengan penyaluran dana KUR sebesar 5,1 M. Dan rencana pemakaian modal Program kemitraan senilai 8,1 M total dana ke Petani untuk pembelian Kopi Rakyat tahun 2019 mencapai 13,2 M untuk mendapatkan target produksi sebanyak 500 ton Kopi pasar.

Oleh karena itu selain pemberian dana KUR tersebut, Kebun Malangsari juga memberikan bimbingan teknis kepada Petani Binaan Kebun Malangsari. Bimbingan teknis diberikan mulai dari tentang teknis pembibitan, teknis pemeliharaan, masa panen Kopi dan pasca panen Kopi. Dengan harapan hasil bimbingan teknis tersebut Petani bisa menghasilkan produksi/panen yang signifikan. Karena kucuran modal lewat KUR yang nilainya tidak sedikit tentu harus diimbangi dengan hasil produksinya.

Sementara diketahui bahwa hasil produksi Petani Kopi Rakyat Kebun Malangsari telah mendapatkan Brand Kopi “Gunungsari” yang telah tembus eksport ke Eropa.

” Rielnya PTPN XII kerjasama dengan BNI membantu program cepat yang manfaatnya sangat dirasakan oleh Petani dalam hal ini adalah biaya – biaya yang dibutuhkan. Dan Petani mendapatkan Bimtek dari Kebun sehingga dapat dijual mudah karena Kebun Malangsari punya Brand khusus Kopi Rakyat, ” pungkasnya. (rdy35).

2Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed