oleh

Purna Wiyata SMPN Manbaul Falah Angkat Tema ” Setangkup Asa, Selaksa Kenangan “

Banyuwangi Berita Oposisi.

Bertempat di halaman SMP Negeri Manbaul Falah Sabtu 04/05/2019 digelar acara ” Pelepasan “ atau istilah lazimnya ” Perpisahan “ siswa – siswi Kelas 9 SMP Negeri Manbaul Falah Singojuruh Banyuwangi. Acara yang disebut dengan istilah lain yaitu ” Purna Wiyata SMPN Manbaul Falah “ angkat tema menarik ” Setangkup Asa, Selaksa Kenangan “.
Untuk tahun 2019 ini SMPN Manbaul Falah akan meluluskan sebanyak 141 siswa tentu setelah melalui proses yang panjang. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Kepala Sekolah Sunoto Prayitno, S.Pd dalam sambutannya di hadapan ratusan bapak ibu wali murid yang hadir. Yang sebelumnya diawali dengan sambutan penghormatan kepada para tamu undangan.

” Terima kasih atas kehadiran bapak ibu sekalian yang telah mengadiri undangan kami dalam rangka pelepasan siswa – siswi kelas 9 yang insyaalah jadi kenyataan lulus 100 %, “ mukadimahnya.

Mendengar ungkapan tersebut ratusan siswa dan bapak ibu wali murid sontak bersorak dan tepuk tangan meriah. Yang selanjutnya Kepala Sekolah yang lebih nyaman dengan panggilan nama Sunoto menyampaikan alasan bahwa tanda – tanda akan kelulusan 100 % sudah terlihat. Yaitu bahwa siswa – siswi telah mengikuti serangkaian kegitak pendidikan dari Kelas 7, Kelas 8, dan Kelas 9 tanda – tandanya cerah sekali. Terutama dalam pelaksanaan UNBK terakhir semua siswa mengikuti dengan khitmad, disiplin dan lancar. Tidak ada yang belak – belok, tidak ada yang bolos, yang artinya menurut Kepala Sekolah Sunoto telah memenuhi kriteria kelulusan. Sehingga insyaallah dinilai layak untuk dinyatakan kelulusan mencapai 100 % katanya.

” Walaupun demikian, saya minta kepada anak – anak jangan lalu ngeklaim sudah lulus kemudian euporia main corat – coret baju. Tetap tunggu pengumuman resmi dari Pemerintah, “ himbaunya.

Pada kesempatan itu Kepala Sekolah memyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan pelepasan terlaksana berkat bantuan dan kerjasama bapak ibu wali murid dan pengurus Komite Kepala Sekolah juga mengakui bahwa tanpa bantuan dan kerjasama bapak ibu wali murid dan pengurus Komite kegiatan tersebut tidak akan terlaksana. Selanjutnya Kepala Sekolah Sonoto sampaikan pesan bapak ibu guru dan pengurus Komite kepada wali murid yang hadir.

” Saya menyampaikan pesan dari bapak ibu guru dan pengurus Komite, bahwa dengan adanya kelulusan putra – putri kita sebanyak 141siswa ini. Kami mohon kepada bapak ibu wali murid yang mempunyai putra sekarang ada di bangku kelas 6. Mohon sedianya untuk didaftarkan di SMP Negeri Manbaul Falah ini mengisi kursi yang ditinggalkan oleh putra – putri kita yang sudah lulus. Sehingga hubungan, ikatan silaturrahmi bapak ibu dengan kami di SMP Negeri Mambaul Falah tetap tersambung dengan baik, “ pesan dan harapnya.

Kabar gembira juga disampaikan oleh Kepala Sekolah bahwa SMPN Manbaul Falah tahun ajaran akan datang telah punya program unggulan yaitu program pendidikan ” Madrosah Diniyah “. Kalau yang sebelumnya masih di level satu, tahun depan akan ditingkatkan ke level dua. Yang sebelumnya materi – materi pelajaran diniyah hanya 3, akan ditingkatkan menjadi 7 meteri pelajaran diniyahnya. Dan untuk khusus pelajaran diniyah itu akan diberikan raport tersendiri. Dengan pelaksanaan 3 hari dilaksanakan di Pesantren dan 1 hari ful di hari Jumat dilaksanakan di sekolah.

Harapannya dengan adanya pendidikan di Manbaul Falah baik itu formal maupun pendidikan agama semuanya bisa diraih oleh siswa. Yang mana menjadi sejalan dengan visi SMPN Manbaul Falah yang pernah digaungkan sebelumnya yaitu SMP Negeri Mambaul Falah pendidikannya berbasis ” Dunia Akhirat “. Jadi kata Kepala Sekolah Sunoto, bahwa siswa – siswi lulusan SMP Negeri Mambaul Falah dijamin tidak mengecewakan. Karena  pendidikan akhlaqnya kuat, sholat lima waktunya lancar, sholat dhuhanya lancar, ngajinya lancar, dan kegiatan tahlilnya juga lancar.

Di sela acara kurangi kepenatan siswa – siswi tampilkan tarian daerah hibur hadirin. Kemudian dikesempatan yang sama ada prosesi penyerahan piagam penghargaan kepada beberapa siswa berprestasi dan penyerahan buku raport kepada semua siswa Kelas 9 yang kelulusan.

Sementara Ketua Komite yang notabene pengasuh Pondok Pesantren Manbaul Falah KH. Abdillah Muchtar berpesan kepada siswa – siswi yang sudah lulus. Agar di tempat yang baru senantiasa menjaga akhlaq dan menjaga nama baik SMP Negeri Manbaul Falah. Jangan sampai siswa kelulusan dari SMPN Manbaul Falah prilakunya tidak baik setelah meninggalkan SMPN Manbaul Falah.  (rdy35).

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed