oleh

Rapat Koordinasi Dewan Pangan Kabupaten Pacitan 2018

Pacitan Oposisi, – Urusan pangan merupakan urusan yang snagt vital dalam kehidupuan untuk itu pangan adalah kebutuhan pokok yang harus ada setiap saat mulai dari manusia yang baru lahir sampai orang akan menjelang kematianya. Untuk itu diperlukan sistem dan cara guna terpenuhinya kebutuhan tersebut. ”Rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan tahun ini mengambil spirit Penguatan sistem informasi pangan dalam rangka mendukung kemandirian pangan, menurut saya spirit atau tema ini sangat tepat mengingat urusan pangan sudah dapat dipastikan tidak dapat ditangani oleh satu OPD (organisasi Perangkat Daerah) saja.

Ir.Bambang Supriyoko.MP Kapala Dinas Pangan kab. Pacitan

Berbagai pemangku kepentingan berperan penting dalam mewujudkan  ketahanan pagan serta menuju kemandirian pangan. Bahwa Pemerintah pusat dan pemerintah daerah berkewajiban membangun, menyusun mengembangkan sistem informasi pangan terintegrasi”, Jelas Indartato dalam acara pembukaan Rakor Dewan Pangan Kabupaten Pacitan 2018.

Perlu diingat bahwasanya setahun yang lalu tepatnya dipenghujung tahun 2017 sebagain wilayah Pacitan dihantam berbagai musibah bencana alam mulai banjir dan tanah longsor sehingga cadangan pangan ketika itu hancur luluh lantak diterjang bencana alam,”Besar harapan kami bahwa semua stakeholder dapat bersinergi sehingga terbentuk sistem informasi yang teritegritas sebagai mana diamanatkan dalam pasal 114 UU Nomor 18 tahun2012 tentang pangan.

Jadi dengan kata lain urusan pangan ini bukan hanya khusus urusan Dinas Pangan saja melainkan sudah menjadi tanggung jawab kita semua, Sehingga untuk mencapai kemandirian pangan sampai tingkat keluarga menjadi urusan kita semua.

Karena negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermiti dan bergizi seimbang baik pada tingkat nasional maupun daerah hingga perseorangan, perlu diingat pula dengan adanya permasalahan pangan ini kita tidak bisa lepas dari berbagai hal diantaranta menurunya luas lahan sawah karena alih fungsi.

Drs,H.Indartato Bupati Pacitan

Ketersediaan air yang merupakan kebutuhan baku untuk kelangsungan produksi tanaman penghasil bahan makan dan informasi data pangan. Sehingga untuk mencapai semua iitu berbagai OPD harus saling bergandeng tangan agar permasalahan yang muncul yang berkaitan dengan pangan bisa segera direspon dan diatasi dengan koordinasi bersama sama pemerintah daerah. Sekali saya tegaskan dan saya sangat berharap OPD ataupun pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Pacitan ini saling bergandeng tangan untuk saling memberikan informasi tentang ketersediaan ataupun kekurangan ataupun hasil produksi, kalaupun permasalahan itu muncul dan saling memberikan informasi ataupun saling berkkordinasi saya yakin masalah tersebut segera teratasi.Dinas pertanian yanmg merupalan urat nadi penghasil bahan pangan merupakan dinas yang tidak perlah lelah dalam meningkatkan produktitas bahan makan,untuk itu saya sangay berterima kasih kepada semua pihak yanmg telah pro aktif dalam upaya pemenuhan kemandirian pangan di kabupaten Pacitan”jelas Ir.Bambang Supriyoko MP Kepala Dinas Pangan Kabupaten Pacitan selaku Sekretaris Dewan Pangan Kabupaten Pacitan.(E,Susilowati)

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed