oleh

Ratusan Warga Dilatih Tujuh Kejuruan Berbasis Kompetensi

Probolingo Oposisi,_ Sedikitnya 112 warga perwakilan dari beberapa desa di Kabupaten Probolinggo mendapatkan pelatihan berbasis kompetensi tahap VI dari UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Probolinggo (01/10/18).

Ke-7 kejuruan tersebut meliputi bordir, mekanik junior mobil, mekanik sepeda motor, teknisi komputer, menjahit pakaian dasar, Prosessing Hasil Pertanian (PHP) dan las listrik. Dimana masing-masing kejuruan diikuti oleh 16 orang peserta sehingga total untuk tujuh kejuruan mencapai 112 orang peserta.

Pelatihan berbasis kompetensi tahap VI tahun 2018 ini dibuka secara resmi oleh Kepala Disnaker Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala UPTD BLK Priharjoto Lestari serta beberapa instruktur, Senin (1/10/2018).

Plt Kepala UPTD BLK Priharjoto Lestari meminta agar pelatihan ini diniati dengan ikhlas dan sungguh-sungguh untuk mendapatkan ilmu dan ketrampilan yang bisa dikembangkan dengan baik dalam mencari lapangan pekerjaan maupun untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri.

“Saat ini ketrampilan kerja sangat dibutuhkan. Tetapi semua itu harus didukung dengan kedisiplinan yang tinggi. Karena disiplin itu sangat penting sekali dalam menopang kesuksesan dalam bekerja, katanya.

Sementara Kepala Disnaker Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono mengatakan salah satu tugas dari Pemerintah Daerah adalah memberikan ilmu kepada masyarakat sebagai modal bisa mendapatkan pekerjaaan sehingga bisa menghidupi keluarganya.

“Jadi tugas kami hanya memberikan ilmu. Yang penting adalah semangatnya harus terus kita jaga. Karena setiap usaha itu tidak langsung sukses. Semuanya masih butuh proses dan waktu, katanya.

Lebih lanjut Sigit meminta agar para generasi muda saat ini bisa menangkap peluang yang ada. Salah satunya dengan adanya pembangunan proyek jalan tol yang akan melintasi kawasan Kabupaten Probolinggo. Dimana masyarakat bisa memanfaatkannya dengan menyediakan makanan dan minuman, menyediakan jasa dan lain sebagainya.

“Pelatihan berbasis kompetensi ini diberikan dengan tujuan untuk memberikan bekal ilmu ketrampilan kerja sesuai dengan bidangnya masing-masing. Kalau sudah mendapatkan ilmunya, paling tidak nantinya sudah siap bekerja baik secara mandiri maupun ikut dengan orang lain, pungkasnya.(anis)

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed