oleh

Resepsi HUT RI Ke – 74 Singojuruh, Dikolaborasi Dengan Tabuhan Soren

-Budaya-70 views

Berita Oposisi.co.id

Banyuwangi_Lagi – lagi soal inovasi dan kreasi, Panitia HUT Kemerdekaan RI Ke – 74 Kec. Singojuruh Kab. Banyuwangi bersama Forpimka. Kali ini Sabtu 31/08/2019 Gelar acara Resepsi HUT Kemerdekaan RI Ke – 74 dengan cara yang berbeda dari tahun – tahun sebelumnya.

Kalau acara – acara Resepsi Agustusan seperti biasanya digelar pada waktu malam hari, namun kali ini Panitia HUT RI Kec. Singojuruh gelar waktu sore hari di RTH Singojuruh. Perlu diketahui bahwa di RTH Singojuruh setiap hari Sabtu sore ada kegiatan yang disebut ” Tabuhan Soren ” menghibur masyarakat. Sehingga agar ada kesan alami Resepsi diadakan di RTH Singojuruh dikolaborasi dengan kegiatan ” Tabuhan Soren “.

Sebelum acara dimulai Panitia suguhkan hiburan tari – tarian dan hiburan pengocak perut yang dipercaya pencegah stroke. Yaitu menampilkan Grup Lawak kebanggaan Banyuwangi Memed cs. Hadir dalam acara Resepsi sebagai tamu undangan para Kepala Sekolah TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK dan jajaran Korwilker Satdik Singojuruh, Danramil Singojuruh, Perwakilan Polsek Singojuruh,  Jajaran Kepala Instansi se Kec. Singojuruh, Kepala Desa. Dan tampak juga kehadiran Anggota DPRD Banyuwangi dari Fraksi PDI-P Salimi.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh aunade SMA Negeri Transanda Singojuruh. Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipinpin oleh Camat Singojuruh. Setelahnya adalah sambutan Ketua Panitia HUT Kemerdekaan RI Kec. Singojuruh. Ketua Panitia Dedy dalam sambutannya awali dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, para guru, PNS, Kepala Desa terutama kepada Pemerintah Kecamatan Singojuruh. Atas dukungan moril juga meteriil dalam rangka mendukung Panitia menjalankan agenda – agenda kegiatan merayakan HUT  Kemerdekaan RI Ke – 74. Dedy mewakili Panitia juga melaporkan bahwa selama satu bulan telah melaksanakan kurang lebih 16 kegiatan berikut anggaranya.

Sementara Camat Singojuruh Muhammad Lutfi, S.Sos.,M.Si sebelum memberikan kata sambutannya. Sempatkan diri untuk memberikan santunan kepada beberapa anak yatim. Berikut Camat Lutfi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Resepsi adalah sebuah tradisi yang kali ini dicoba berkolaborasi dengan kegiatan ” Tabuhan Soren ” sembari ” Ngerandu Surupe Serngenge ” ( menunggu tengelamnya matahari ). Selain itu kata Camat kegiatan tersebut sesuai dengan harapan Bupati bahwa setiap kegiatan harus menjadi atraksi, semua tempat adalah destinasi.

Pada kesempatan itu pula Camat Lutfi sampaikan perkembangan RTH Singojuruh yang sudah ada Gasibu atau Rumah Angklung dan Rumah Budaya Angklung yang sudah menerima tamu destinasi. Dan kabarkan insyaallah bulan September dari Kemeterian akan mengawali kegiatan di RTH Singojuruh. Lanjut Camat sekilas paparkan beberapa kelebihan suasana RTH Singojuruh dan destinasi – destinasi di Singojuruh yang lainnya. Camat Lutfi juga membuka kesempatan lebar – lebar kepada masyatakat yang ingin memanfaatkan fasilitas yang tersedia di RTH Singojuruh asal minta ijin dan rekom juga menjaga kebersihan.

Acara Resepsi diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Balilah, dan untuk acara pembagian hadiah lomba – lomba sekaligus sajian hiburan rakyat diteruskan malam hari. Dengan harapan masyarakat bisa menikmati malam mingguan bersama di RTH Singojuruh. (rdy35/ktb).

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed